Monday, February 11, 2019

Ahli Matematika Cara Menghitung Umur/Usia Dengan Ms Excel

Perhitungan umur/usia sering dipakai untuk memilih seseorang baik yang sudah pandai balig cukup akal maupun masih bayi telah sesuai dengan syarat yang ditetapkan. Sebagai contoh, ketika membeli tiket kereta api, seorang anak akan diberikan harga tiket bayi jikalau berumur dibawah 3 tahun (dan tidak mengambil daerah duduk sendiri). Atau memilih apakah seseorang mempunyai hak pada pemilu menurut umurnya (17 tahun), sanggup mendaftar PNS bila berada di bawah 30 atau 35 tahun, atau dianggap masih belum dewasa ketika insiden berlangsung (dibawah 18 tahun) dan masih banyak pola lainnya.
Untuk menghitung umur seseorang pada tanggal tertentu kita sanggup memakai fungsi DATEDIF() yang disediakan di microsoft excel. untuk lebih jelasnya lihat pola berikut:

  1. Misalkan sel B1 berisi tanggal lahir seseorang, sel B2 ialah tanggal ketika ini (dihitung umurnya sampai tanggal ketika ini)
  2. Maka untuk mendapat umur dalam tahun, bulan dan hari ialah sebagai berikut:
    • Pada sel B4 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"Y") untuk mendapat usia tahun
    • Pada sel B5 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"YM") untuk mendapat usia bulan
    • Pada sel B6 ketik rumus =DATEDIF(B1,B2,"MD") untuk mendapat usia hari


usia sering dipakai untuk memilih seseorang baik yang sudah pandai balig cukup akal maupun masih bayi  Ahli Matematika Cara Menghitung Umur/Usia dengan Ms Excel


 

Tips Cara Menghitung Umur dengan Microsoft Excel


  • Untuk menyatukan tahun, bulan dan hari dalam satu sel dengan keterangannya anda sanggup menggabungkan ketiga rumus menjadi =DATEDIF(B1,B2,"Y") & " tahun " & DATEDIF(B1,B2,"YM") & " bulan " & DATEDIF(B1,B2,"MD") & " hari"
  • Untuk lebih terang parameter dan penggunaan fungsi DATEDIF() sanggup dilihat pada cara menghitung selisih dua tanggal di microsoft excel

No comments:

Post a Comment