Soal Tematik Kelas 6 Tema 4
I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Seni yang dipakai untuk mempromosikan produk barang/jasa disebut ....
a. reklame
b. seni kriya
c. seni murni
d. etalase
2. Berikut ini bukan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan reklame yaitu ....
a. mengatakan hadiah bagi pembaca
b. goresan pena harus terperinci dan gampang dimengerti
c. bahasa yang baik dan menarik
d. gambar ilustrasi yang menarik
3. Reklame yang dipakai untuk menunjukkan barang dagangan termasuk kategori reklame ....
a. religi
b. komersial
c. distribusi
d. hibah
4. Plakat yang terpasang di tempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan dan pengumuman disebut dengan ....
a. poster
b. brosur
c. pengumuman
d. reklame
5.
Gambar di samping merupakan jenis poster ....
a. niaga
b. kegiatan
c. pendidikan
d. propaganda
6. Poster yang berisi permintaan untuk melaksanakan hal yang lebih baik kepada masyarakat dinamakan ....
a. poster
b. hiasan
c. komersial
d. layanan masyarakat
7. Suatu media yang dipakai oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk menunjukkan suatu produk, layanan, atau agenda kepada masyarakat umum dinamakan ....
a. berita
b. koran
c. brosur
d. majalah
8. Reklame berukuran besar di tempat-tempat umum dan biasanya berupa iklan dan pengumuman disebut dengan ....
a. banner
b. poster
c. baliho
d. brosur
9. Poster yang berisi mengenai sosialisasi perihal agenda gres yang dibentuk oleh pemerintah kepada masyarakat disebut dengan poster ....
a. kampanye
b. komersial
c. pencarian
d. layanan masyarakat
10. Kalimat poster yang menarik untuk ajuan menjaga kebersihan kelas yaitu ....
a. Bersih kelasku, jernih pikiranku
b. Jagalah selalu kebersihan kelas kita.
c. Bersihkanlah kelas kita setiap hari
d. Kalau kelas bersih. bahagia belajar
11. Jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual disebut ....
a. brosur
b. baliho
c. iklan
d. banner
12. Berikut ini materi yang dipakai untuk menciptakan spanduk yaitu ....
a. kain
b. kertas
c. kayu
d. papan
13. Jaga Bumi Kita Tetap Hijau
Kalimat di atas dipakai untuk poster dengan tema ....
a. pendidikan
b. kesehatan
c. kebersihan
d. lingkungan hidup
14. Perhatikan gambar berikut!
Poster pada gambar tersebut bertema tentang
a. pendidikan
b. kebersihan
c. sosial
d. budaya
15. Poster yang berisi permintaan mencuci tangan sebelum makan yaitu poster ....
a. lingkungan hidup
b. hidup sehat
c. layanan masyarakat
d. aktivitas sosial
16. Suatu sarana atau media untuk memperkenalkan produk tertentu kepada umum dan diharapkan
sanggup mempengaruhi cara hidup masyarakat disebut ....
a. buku
b. etiket
c. reklame
d. cover
17. Poster yang berisi mengenai penawaran produk kepada masyarakat disebut dengan poster ....
a. kampanye
b. pencarian
c. niaga
d. layanan masyarakat
18. Secara bahasa reklame diartikan ....
a. teriakan dan saran
b. teriakan dan permintaan
c. teriakan berulang
d. teriakan dan panggilan
19. Media promosi yang hampir sama dengan billboard yang mempunyai ukuran sama besar bahkan
lebih serta hanya bersifat sementara disebut ....
a. baliho
b. poster
c. iklan
d. reklame
20. Perhatikan gambar berikut !
Poster pada gambar tersebut bertema perihal ....
a. pendidikan
b. kebersihan
c. budaya
d. sosial
II. Isilah titik-titik berikut dengan tanggapan yang benar !
1. Kata reklame itu berasal dari bahasa latin yaitu ........................................
2. Reklame yang menitikberatkan pada aspek penglihatan disebut reklame ............................
3. Reklame berbentuk gambar lambang organisasi jawatan atau perusahaan disebut ..................
4. Bahasa reklame harus singkat dan ............................................
5. Poster yang berisi mengenai sosialisasi perihal agenda gres yang dibentuk oleh pemerintah kepada masyarakat disebut ............................................
6. Slogan reklame harus terperinci dan .....................................................
7. Pesan utama dari poster komersil dari suatu produk yaitu ....................................
8. Poster yang berisi agenda pentas musik dari suatu forum dinamakan jenis poster .....................
9. Poster yang berisi penyuluhan berguru 12 tahun dinamakan jenis poster ................................
10. Mendesain poster dengan komputer merupakan poster dengan teknik ..................................
11. Reklame bertujuan untuk mengatakan .........................................................
12. Poster dibentuk dengan tujuan untuk ...........................................................
13. Reklame ditempatkan pada tempat-tempat yang ...............................................
14. Poster niaga bertujuan untuk menunjukkan ...............................................
15. Kalimat pada poster disusun secara ........................................................
16. Fungsi foto produk dalam pembuatan brosur yaitu .......................................................
17. Poster yang berisi perihal permintaan menanam 1000 pohon disebut poster ...................
18. Pemilihan bahasa dan kalimat harus diubahsuaikan dengan sasaran ....................................................
19. Poster pendidikan yaitu poster yang bertujuan untuk .......................................
20. Poster yang berisi perihal permintaan berpolitik menjelang PEMILU di sebut dengan poster .................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan seni reklame?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
2. Reklame berdasarkan sifat dan tujuannya sanggup dikelompokkan menjadi dua. Coba sebutkan !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
3. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan reklame!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
4. Bagaimana bahasa yang dipakai dalam reklame?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
5. Sebutkan langkah-langkah menciptakan poster !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
6. Berikan teladan kalimat dalam poster yang isinya perihal ekonomis energi!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
7. Sebutkan jenis-jenis reklame!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
8. Jelaskan gambar ilustrasi yang baik dalam reklame!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
9. Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam menciptakan reklame!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
10. Berikan teladan kalimat dalam poster yang isinya perihal globalisasi !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
11. Sebutkan dua jenis reklame berdasarkan tujuannya!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
12. Apa saja media yang dipakai untuk melaksanakan aktivitas reklame?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
13. Tuliskan ciri-ciri reklame yang baik!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
14. Sebutkan fungsi dari poster !
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
15. Sebutkan tema yang dipakai untuk poster!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
16. Apa yang dimaksud reklame komersial?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
17. Apa yang dimaksud reklame non komersial?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
18. Jelaskan fungsi dari brosur!
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
19. Bagaimana cara menciptakan brosur yang baik?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
20. Mengapa pemilihan warna menjadi hal yang penting dalam menciptakan brosur?
Jawab : .....................................................................................................................................................
...................................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. a. reklame2. a. mengatakan hadiah bagi pembaca
3. b. komersial
4. d. reklame
5. a. niaga
6. d. layanan masyarakat
7. c. brosur
8. c. baliho
9. d. layanan masyarakat
10. a. Bersih kelasku, jernih pikiranku
11. c. iklan
12. a. kain
13. d. lingkungan hidup
14. b. kebersihan
15. b. hidup sehat
16. c. reklame
17. c. niaga
18. b. teriakan dan permintaan
19. a. baliho
20. a. pendidikan
Kunci Jawaban Room II
1. Reklame berasal dari bahasa Latin, yaitu re- yang artinya pengulangan, dan clamo (clomos) yang artinya menyerukan. Kaprikornus reklame yaitu seruan yang berulang-ulang.2. visual
3. logo
4. jelas
5. poster layanan masyarakat
6. gampang dipahami
7. penjualan
8. kegiatan
9. pendidikan
10. digital
11. informasi
12. mengajak, membujuk atau menghimbau masyarakat untuk melaksanakan sesuatu menyerupai yang telah dituliskan dan digambarkan didalam poster tersebut
13. strategis
14. barang/jasa
15. ringkas, padat, jelas, dan bersifat persuasif (mengajak)
16. semoga lebih menarik
17. lingkungan hidup
18. yang tepat
19. mendidik
20. kampanye
Kunci Jawaban Room III
1. Seni reklame yaitu seni yang dipakai untuk mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menarik untuk meningkatkan minat pembeli2. reklame komersial dan reklame non komersial
3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan reklame :
1. Berita yang ingin disampaikan bersifat objektif
2. Adanya kejujuran dalam isi reklame dan sanggup dipertanggungjawabkan
3. Singkat, Padat, dan Jelas
4. Praktis di mengerti
5. Menarik
6. Mencolok (eye-catching)
7. Praktis diingat
4. bahasanya harus gampang dipahami
5. Langkah-langkah menciptakan poster yaitu :
1.menentukan topik dan tujuan
2. menciptakan kalimat singkat dan gampang diingat
3.menggunakan gambar
4. memakai media yang tepat
6. Hemat Energi, Hemat Biaya
7. Jenis-jenis reklame : iklan, spanduk, brosur, embalase, poster, baliho, billboard, banner, leaflet, kalender, selebaran
8. gambarnya harus jelas, menarik, gampang dipahami dan sesuai dengan yang diinformasikan
9. Unsur-unsur pendukung dalam menciptakan reklame :
1. Teks atau slogan yang terperinci dan gampang dimengerti
2. Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk abjad yang sesuai
3. Gambar ilustrasi menarik dan gampang diingat.
4. Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan)
5. Warna yang menarik dan sempurna sesuai dengan isi reklame
10. Membeli Produk Dalam Negeri Berarti Mencintai Bangsa Sendiri
11. Dua jenis reklame berdasarkan tujuannya :
Reklame komersial yaitu reklame yang bertujuan untuk mencari laba sebanyak-banyaknya.
Contohnya : Iklan produk
Reklame Non komersial yaitu reklame resmi bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat dalam bentuk ajakan/himbauan dan perintah
Contohnya : Iklan layanan masyarakat, Iklan visi misi
12. media audio, media visual, media audio visual
13. Ciri-ciri reklame yang baik yaitu Jelas, singkat, dan gampang dipahami, menarik dan mencolok, Jujur, dan dilakukan berulang-ulang.
14. Fungsi dari poster yaitu sebagai media informasi dan promosi
15. Kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan
16. Reklame komersial yaitu reklame yang dipakai oleh pedagang untuk menunjukkan barang atau produknya.
17. Reklame non komersial yaitu reklame yang dipakai untuk mengajak masyarakat untuk melaksanakan suatu hal, contohnya hidup bersih, ekonomis energi
18. Fungsi dari brosur yaitu merupakan mengatakan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan
19. memakai judul yang menarik. Bahasa yang dipakai gampang dipahami, singkat namun tetap informatif
20. dengan pemilihan warna yang sempurna maka akan semakin menarik perhatian konsumen
Download Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Kompetensi Dasar SBdP dan Kunci Jawaban
Soal SBdP Kelas 6 K13 selanjutnya ada di bawah ini ⇩
Soal Tematik Kelas 6 Tema 5 Kompetensi dasar SBdP dan Kunci Jawaban
Itulah Soal Tematik Kelas 6 Tema 4 Kompetensi Dasar SBdP dan Kunci Jawaban yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment