Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1
Saya sudah berusaha sekuat tenaga namun ternyata saya tidak bisa menuntaskan soal-soal UAS sempurna waktu. Kini UAS sudah di depan mata. Tidak ada kata terlambat untuk terus belajar. Dan kiprah saya di sini hanyalah berusaha membantu adik-adik untuk persiapan UAS. Sedangkan yang berwenang membuat soal ujian ialah pemerintah/ Dinas Pendidikan/ pihak sekolah.
Soal UAS PKn kelas 3 Semester 1 terbaru ini hanya untuk acuan belajar. Saya selaku admin juraganles.com mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau soal yang saya bagikan ini ternyata tidak ada yang keluar.
Namun adik-adik tidak perlu khawatir. Karena masih mempunyai Soal UAS PKn sebelumnya. Ada baiknya kalau soal ini juga dipelajari. Dengan demikian, semoga saja kalian beruntung.
Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 plus Kunci Jawaban
Dan inilah contoh Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 terbaru ⇩
I. Berilah tanda silang (x) pada abjad a, b, c atau d di depan balasan yang paling benar !
1. Budi Utomo didirikan pada tanggal ....
a. 17 Agustus 1945
b. 20 November 1944
c. 5 Maret 1900
d. 20 Mei 1908
2. Tujuan Kongres Pemuda Indonesia I bersifat ....
a. nasional
b. internasional
c. kedaerahan
d. individualistik
3. Wilayah Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sabang berada di Provinsi ....
a. Sulawesi
b. Aceh
c. Ambon
d. Sumatra
4. Hasil Kongres Pemuda ll yang dijadikan tonggak menuju kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. ikrar perjuangan
b. ikrar kemerdekaan
c. ikrar pemuda
d. ikrar Sumpah Pemuda
5. Arti nilai patriotisme dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. tekad ingin menang dengan menggunakan segala cara
b. harapan saling menghormati
c. harapan bersatu untuk menguasai wilayah
d. tekad yang sangat berpengaruh untuk mempersatukan bangsa
6. Jong Java pada awalnya berjulukan ....
a. Budi Utomo
b. Tri Koro Dharmo
c. Pemuda Indonesia
d. Sekar Rukun
7. Rapat besar Pemuda Indonesia dilaksanakan pada tanggal 30 April 1926 hingga ....
a. 2 Mei 1926
b. 4 Mei 1926
c. 6 Mei 1926
d. 8 Mei 1926
8. Berikut ini yang bukan tokoh pendiri Budi Utomo ialah ....
a. Sutomo
b. Gunawan
c. Wahidin Sudirohusodo
d. H.O.S Tjokroaminoto
9. Setia pada tanah air dan bangsa sanggup diwujudkan dengan sikap ....
a. menggunakan teknologi yang maju
b. mengagumi kebudayaan daerah
c. mempelajari bermacam-macam budaya
d. menjaga nama baik bangsa dan negara
10.Sesuai dengan ikrar Sumpah Pemuda, bahasa Indonesia berperan sebagai ....
a. alat komunikasi dalam bekerja
b. sarana penghubung antarnegara
c. bahasa resmi dan bahasa nasional
d. mediator dalam dunia pendidikan
11. Berikut ini bukan upaya yang sanggup memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan ialah ....
a. melestarikan kebudayaan yang ada
b. menghormati suku bangsa lain
c. mengutamakan kepentingan umum
d. selalu merasa bahwa kebudayaan kawasan sendiri ialah yang terbaik dibandingkan kebudayaan kawasan lain
12. Di bawah ini bukan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. ketuhanan
b. musyawarah
c. persatuan
d. rela berkorban
13. Kongres Pemuda ll dipimpin oleh ....
a. Soetomo
b. W. R. Supratman
c. M. Tabrani
d. Sugondo Joyopuspito
14. Penerapan nilai Sumpah Pemuda sanggup diwujudkan dengan memberi pertolongan kepada anak putus sekolah yang berupa ....
a. uang
b. kendaraan
c. rumah
d. keterampilan
15. Salah satu tindakan sebagai perwujudan dari Sumpah Pemuda ialah ....
a. selalu menyanyikan lagu kebangsaan
b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
c. membaca ikrar Sumpah Pemuda setiap saat
d. melestarikan pelaksanaan upacara adat
16. Mengamalkan nilai Sumpah Pemuda, yaitu nilai persatuan dan kesatuan di kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan cara ....
a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
b. menganggap sahabat dari suku bangsa lain ialah sebuah keluarga
c. membeda-bedakan teman
d. menjauhi sahabat yang berbeda keyakinan semoga tidak terpengaruh
17. Makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda ialah ....
a. pendobrak kolonialisme
b. pendorong pergerakan nasional
c. penggugah semangat kedaerahan
d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa
18. Pedoman insan perihal cara insan berperilaku dalam kehidupan disebut ....
a. norma
b. sanksi
c. petunjuk
d. perintah
19. Manusia yang memahami dari meyakini norma agama, jikalau mereka melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan norma agama, maka akan mendapat hukuman ....
a. denda
b. dosa
c. penjara
d. pahala
20. Kesopanan di suatu kawasan menurut atas ....
a. hasil keputusan tokoh masyarakat
b. sopan santun istiadat pada suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang
21. Upacara bendera banyak keuntungannya bagi penerima didik. Berikut ini yang bukan manfaat upacara bendera di sekolah ialah ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. bisa membuatkan semangat keagamaan
22. Sanksi yang diterima oleh orang yang melanggar norma kesusilaan ialah ....
a. denda
b. kurungan
c. dikucilkan masyarakat
d. penjara
23. Pekerjaan yang berat jikalau dikerjakan secara tolong-menolong akan ....
a. makin berat
b. gagal dilaksanakan
c. menjadi ringan
d. menjadi murah
24. Tata krama pergaulan pria dan wanita diatur dalam norma ....
a. hukum
b. susila
c. agama
d. undang-undang
25. Salah satu pola sikap taat pada aturan dalam kehidupan ialah ....
a. membayar uang sekolah jikalau sudah diingatkan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. mencorat-coret tembok sehari-hari adalah
d. membantu sahabat dalam mengerjakan ujian
26. Daerah atau wilayah berlakunya norma kesopanan ialah ....
a. masyarakat atau kawasan tertentu
b. negara tertentu
c. seluruh negara
d. seluruh umat beragama
27. Norma agama berlakunya mencakup ....
a. wilayah tertentu
b. negara tertentu
c. lokasi atau kawasan tertentu
d. universal atau umum di seluruh dunia
28. Sanksi norma kesusilaan bersumber dari ....
a. agama sendiri
b. abdnegara penegak hukum
c. diri sendiri
d. tokoh masyarakat
29. Berikut ini yang bukan makna penting pelaksanaan upacara bendera di sekolah ialah ....
a. menanamkan rasa cinta tanah air
b. mempertebal semangat kebangsaan
c. mengenal arti disiplin dan tata tertib
d. sanggup membuatkan semangat keagamaan
30. Bersama-sama membersihkan lingkungan yang kotor ialah perwujudan nilai ....
a. persatuan
b. patriotisme
c. keberanian
d. kegotongroyongan
31. Norma agama yang dianut umat Buddha bersumber dari kitab ....
a. Injil
b. Al Qur’an
c. Weda
d. Tripitaka
32. Tolok ukur berlakunya norma kesopanan di suatu kawasan menurut atas ....
a. keputusan tokoh masyarakat
b. sopan santun istiadat suatu daerah
c. harapan seseorang
d. kemauan banyak orang
33. Jika berbuat kesalahan maka hatinya merasa tertekan.. Hal ini salah satu ciri dari hukuman norma ....
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. hukum
34. Norma agama yang bersumber dari kitab suci ditujukan untuk ....
a. seluruh umat manusia
b. seluruh warga negara
c. seluruh insan di dunia ini
d. masyarakat di kawasan tertentu
35. Norma kesopanan ialah sebuah norma yang didasarkan atas ....
a. kepantasan
b. kitab suci
c. keyakinan
d. kepercayaan
36. Norma kesopanan yang berlaku di masyarakat bersifat ....
a. lahiriah
b. memaksa
c. suka rela
d. lahiriah dan batiniah
37. Tindakan di bawah ini yang tidak diatur dalam norma kesopanan ialah ....
a. sopan santun makan
b. sopan santun berpakaian
c. sopan santun dalam bergaul
d. sopan santun dalam beribadah
38. Norma yang bertujuan untuk menertibkan kehidupan masyarakat ialah norma ....
a. kesopanan dan hukum
b. kesusilaan
c. moral
d. agama
39. Norma agama mempunyai sifat ....
a. lahiriah
b. duniawi
c. memaksa
d. lahiriah dan batiniah
40. Berikut pola sikap menaati aturan tertulis di masyarakat ialah ....
a. membantu tetangga yang sedang kesusahan
b. saling menghormati
c. melaksanakan ronda malam
d. berperilaku sopan
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang terperinci dan benar!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
2. Nilai-nilai apa saja yang sanggup diambil dari bencana Sumpah Pemuda yang sanggup kta terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
3. Sebutkan hal-hal apa saja yang sanggup memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
4. Sebutkan tiga pola kegiatan yang merupakan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
5. Mengapa kita harus cinta tanah air?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
6. Tuliskan satu perbedaan antara aturan tertulis dengan aturan tidak tertulis !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
7. Mengapa pelaksanaan norma aturan terlihat lebih dipatuhi oleh masyarakat dibandingkan dengan pelaksanaan norma yang lain?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
8. Apa yang seharusnya kita lakukan jikalau melanggar norma agama?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
9. Sebutkan pola pelaksanaan norma kesopanan yang ada di lingkungan sekitar !
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
10. Bagaimana cara membuat suasana kondusif dan tertib di lingkungan sekolah ?
Jawab : .............................................................................................................................................
...................................................................
Kunci Jawaban Room I
1. d. 20 Mei 19082. a. nasional
3. b. Aceh
4. d. ikrar Sumpah Pemuda
5. d. tekad yang sangat berpengaruh untuk mempersatukan bangsa
6. b. Tri Koro Dharmo
7. a. 2 Mei 1926
8. d. H.O.S Tjokroaminoto
9. d. menjaga nama baik bangsa dan negara
10. c. bahasa resmi dan bahasa nasional
11. d. selalu merasa bahwa kebudayaan kawasan sendiri ialah yang terbaik dibandingkan kebudayaan kawasan lain
12. a. ketuhanan
13. d. Sugondo Joyopuspito
14. d. keterampilan
15. b. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
16. a. musyawarah dalam menuntaskan setiap permasalahan
17. d. pengobar semangat persatuan dan kesatuan bangsa
18. a. norma
19. b. dosa
20. b. sopan santun istiadat pada suatu daerah
21. d. bisa membuatkan semangat keagamaan
22. c. dikucilkan masyarakat
23. c. menjadi ringan
24. b. susila
25. b. membuang sampah pada tempatnya
26. a. masyarakat atau kawasan tertentu
27. d. universal atau umum di seluruh dunia
28. c. diri sendiri
29. d. sanggup membuatkan semangat keagamaan
30. d. kegotongroyongan
31. d. Tripitaka
32. b. sopan santun istiadat suatu daerah
33. b. kesusilaan
34. c. seluruh insan di dunia ini
35. a. kepantasan
36. d. lahiriah dan batiniah
37. d. sopan santun dalam beribadah
38. a. kesopanan dan hukum
39. d. lahiriah dan batiniah
40. c. melaksanakan ronda malam
Kunci Jawaban Room II
1. Sumpah Pemuda ialah akad atau ikrar yang diucapkan para cowok pada tanggal 20 Oktober 19282. Nilai persatuan, kesatuan, musyawarah, dan kekeluargaan
3. perselisihan antar suku, menganggap suku bangsanya paling baik
4. mematuhi tata tertib sekolah, menjaga kebersihan, tidak membeda-bedakan teman
5. alasannya kita hidup di Indonesia maka kita harus cinta Indonesia
6. aturan tertulis dibentuk oleh pemimpin dan mengandung hukuman yang tegas. Aturan tidak tertulis berupa sopan santun maupun sopan santun istiadat
7. alasannya dibentuk oleh pemerintah/ negara yang bersifat memaksa dan mempunyai hukuman yang tegas yaitu eksekusi penjara atau denda
8. segera bertaubat memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha esa
9. menggunakan pakaian yang sopan, yang muda menghormati yang tua
10. dengan cara mematuhi tata tertib di sekolah
Download Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 plus Kunci Jawaban
Note : Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 ialah konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasih
Itulah Soal UAS PKn Kelas 3 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/2019 yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment