Hallo guys, jumpa lagi dengan nih. Sudah usang ya saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Langsung saja pada pada dasarnya OK !
Belajar Perkalian Dua Digit
Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak berguru perkalian dua digit untuk pemula. Mengapa saya menyebutnya pemula? Seperti yang kita ketahui, perkalian merupakan salah satu dari empat operasi dasar aritmatika sebagai penjumlahan berulang. Perkalian yaitu operasi hitung Matematika dengan cara mengalikan satu angka dengan angka yang lainnya. Dan ketika ini, pelajaran perkalian sudah mulai diajarkan kepada anak kelas 2 sekolah dasar yang artinya belum dewasa ini yaitu pemula alasannya mereka gres mengenal perkalian.Pernahkah anda berpikir bagaimana cara mengajari anak perkalian dengan mudah? Perkalian dua digit biasanya berupa perkalian susun yang merupakan konsep berhitung. Banyak anak yang merasa gundah ketika menghadapi soal-soal perkalian dua digit. Jika anda ingin mengetahui cara menguasai proses menghitung perkalian dua digit dengan cepat dan mudah, lihatlah langkah-langkah berikut untuk memulai.
Langkah-langkah Menghitung Perkalian Dua Digit
Pertama-tama, tuliskan angka yang akan dikalikan. Karena perkalian yang dibahas yaitu dua digit, sehingga angka yang dikalikan terdiri dari puluhan dan satuan contohnya 56 x 34. Buatlah metode perkalian susun dengan menuliskan angka 56 di atas angka 34 dengan tanda perkalian (x) di sebelah kanan garis di bawah angka 34.Pada pola soal, bilangan 56 berdasarkan nilai daerah maka angka 5 (depan) menempati daerah puluhan dan angka 6 (belakang) menempati daerah satuan sedangkan bilangan 34 maka angka 3 (depan) menempati daerah puluhan dan angka 4 (belakang) menempati daerah satuan. Berikut ini yaitu gambar langkah-langkah perkalian dua digit dan uraian penjelasannya ada di bawah gambar.
Setelah angka yang akan dikalikan sudah ditulis secara susun, selanjutnya kalikan angka satuan dari angka yang di bawah dengan kedua digit angka yang di atas. Angka "4" yaitu angka daerah satuan dari angka 34. Agar tidak bingung, tutup puluhan (angka depan) yang di bawah dengan jari telunjuk.
Pertama, kalikan 4 dengan angka daerah satuan dari angka yang atas 56, yaitu 6, sehingga menghasilkan 24 (4 x 6 = 24). Tulislah "4" (satuan) di bawah garis, sedangkan angka "2" (puluhan) disimpan.
Kemudian, lakukan hal yang sama dengan angka daerah puluhan dari 56, yaitu 5. Kalikan 4 dengan angka daerah puluhan dari angka yang atas 56 yaitu 5, sehingga menghasilkan 20 (4 x 5 = 20). Pada langkah ini masih belum selesai alasannya kita harus menambahkan dengan angka "2" (simpanan) dan risikonya yaitu 20 + 2 = 22 dan eksklusif ditulis di depan angka "4". Dan hasil perkalian pertama yaitu 224.
Langkah selanjutnya yaitu mengalikan angka puluhan dari angka yang di bawah dengan kedua digit angka yang di atas. Angka "3" yaitu angka daerah puluhan dari angka 34. Agar tidak bingung, tutup satuan (angka belakang) yang di bawah dengan jari telunjuk.
Pertama, kalikan 3 dengan angka daerah satuan dari angka yang atas 56, yaitu 6, sehingga menghasilkan 18 (3 x 6 = 18). Tulislah "8" (satuan) di bawah hasil perkalian pertama. Cara menulisnya dengan maju satu digit sehingga yang belakang dikosongkan. Sedangkan angka "1" (puluhan) disimpan.
Kemudian, lakukan hal yang sama dengan angka daerah puluhan dari 56, yaitu 5. Kalikan 3 dengan angka daerah puluhan dari angka yang atas 56 yaitu 5, sehingga menghasilkan 15 (3 x 5 = 15). Pada langkah ini masih belum selesai alasannya kita harus menambahkan dengan angka "1" (simpanan) dan risikonya yaitu 15 + 1 = 16 dan eksklusif ditulis di depan angka "8". Dan hasil perkalian kedua yaitu 168.
Langkah terakhir, jumlahkan hasil perkalian keduanya. Tambahkan garis dengan tanda penjumlahan (+). Hal ini berarti bahwa kita harus menjumlahkan angka-angka pada dua baris di bawah garis perkalian. Kita mempunyai angka 224 di atas dan 168 di bawah. Jumlahkan saja keduanya untuk mendapat jawabannya. 224 + 1680 (namun 0 tidak ditulis) sehingga cara menjumlahkannya dengan menurunkan angka satuan yang atas (hasil perkalian pertama) di bawah garis penjumlahan. Selanjutnya kita sanggup melaksanakan operasi hitung penjumlahan menyerupai biasa. Dan hasil final dari 56 x 34 yaitu 1904.
Demikianlah Cara Praktis Menghitung Perkalian Dua Digit ? Memang gampang bukan? Sekedar info, ketika ini berbagai metode berguru Matematika untuk anak dengan metode hitung cepat yang niscaya tidak gratis. Alih-alih anak menjadi hebat berhitung, yang ada anak malah mumet dan stress. Kalau berdasarkan saya, metode yang diajarkan oleh guru di sekolah yaitu yang paling mudah. Dan apa yang saya tulis disini yaitu yang saya dapatkan dari guru ketika masih sekolah dulu. Jika kini berbagai metode gres yang memperlihatkan hitung cepat perkalian dua atau tiga digit dengan cara yang katanya gampang dan cepat, tapi nyatanya malah rumit dan menciptakan anak merasa kesulitan.
Berhitung itu tidak harus cepat-cepatan. Lakukan perlahan-lahan yang penting benar. Jika anak belum hafal perkalian, berikan kebebasan pada anak untuk melihat tabel perkalian. Dengan sering-sering melihat tabel maka lambat laun anak akan hafal perkalian dengan sendirinya. Apalagi bila anak sering-sering diajak berlatih dengan memberikannya soal perkalian, maka keterampilan anak akan semakin terasah. Jika anak sudah menguasai perkalian, maka beliau akan semakin ingin tau untuk mencoba perkalian 3 digit hingga 5 digit sekalipun dan itu merupakan sesuatu yang menyenangkan.
No comments:
Post a Comment