Friday, April 3, 2020

Pintar Pelajaran Bioteknologi

Artikel Makalah Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Modern - Bioteknologi adalah teknologi pemanfaatan mikroorganisme untuk menghasilkan produk yang berguna bagi manusia. Teknologi yaitu perkembangan ilmu terapan (applied science) yang menimbulkan transformasi atau perubahan, baik perihal teknik, prosedur, atau materi sesuai dengan kebutuhan proses produksi. Siapa tak kenal tempe? Meski terlanjur dipatenkan oleh orang Jepang, makanan ini telah begitu terkenal di negeri kita. Tentu saja demikian, alasannya konon tanah tumpah darah tempe memanglah Indonesia. Bung Karno pernah menyebut orang-orang pemalas sebagai “bangsa bermental tempe”. Tapi kini kita boleh saja membantah julukan itu. Toh, terbukti tempe bergizi tinggi. Di dalamnya terkandung protein, karbohidrat, dan vitamin. Maka, tempe pun dikonsumsi sebagai lauk pauk, pemanis sayur, bahkan ada yang dimakan eksklusif tanpa dimasak. Begitu hebatnya tempe, lantaran memang beliau tak dibentuk dengan asal buat. Pembuatan tempe melibatkan tugas suatu mikroorganisme, yakni jamur benang. Sehingga, tempe merupakan satu pola produk bioteknologi.

Pada penggalan ini, kalian akan mempelajari pengertian dan jenis-jenis bioteknologi serta implikasi (dampak) bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas). Setelah mempelajarinya, kalian diperlukan sanggup menjelaskan perbedaan prinsip dan produk bioteknologi konvensional dan modern, termasuk di dalamnya yaitu proses rekayasa genetika. Selain itu, kalian diharapkan sanggup mengidentifi kasi sumber-sumber biro (mikroorganisme) yang berperan dalam bioteknologi dan menjelaskan keuntungan serta kerugian dari produk bioteknologi.

1. Pengertian Bioteknologi

2. Bioteknologi Konvensional

3. Bioteknologi Modern

4. Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

5. Produk Bioteknologi

6. Contoh Bioteknologi

Anda kini sudah mengetahui Bioteknologi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment