Friday, April 10, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Otot Rangka Pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Rangka pada Hewan - Jaringan otot rangka disebut juga otot lurik. Sebab, otot ini mempunyai serabut-serabut kontraktil gelap (anisotrop) dan terperinci (isotrop) yang saling bertindih. Sehingga, penampakan otot ini di bawah mikroskop menyerupai lurik. Cermati Gambar 1. Selain itu, sel otot rangka berbentuk silindris dan berinti banyak di tepi. Otot rangka ini mempunyai sifat volunter. Artinya, otot bekerja di bawah kesadaran, berkontraksi secara cepat, namun rasa lelah juga cepat diperoleh. Dikatakan otot rangka, alasannya ialah otot tersebut menempel pada rangka atau tulang, lalu juga pada bibir, lidah, dan kelopak mata. Pada tulang, otot rangka menempel pada otot bisep-trisep. (Baca : Jaringan otot)
Jaringan otot rangka disebut juga otot lurik Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Rangka pada Hewan
Gambar 1. Jaringan otot rangka
Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Rangka pada Hewan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment