Thursday, April 9, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Otot Polos Pada Hewan

Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan - Dinamakan otot polos, alasannya yaitu serabut kontraktilnya tidak gelap (terang), sedangkan sarkoplasma (sitoplasma sel otot)-nya tampak polos atau tanpa penampakan lurik. Sel otot polos berbentuk gelendong dengan satu buah inti pipih terletak di tengah. Perhatikan Gambar 1. Otot ini sanggup ditemukan dalam dinding saluran pencernaan menyerupai usus dan lambung, lalu pada kandung kemih, dan pembuluh darah. Otot polos disebut pula otot otonom. Sebab, otot ini bertanggungjawab atas kegiatan tidak sadar, menyerupai gerakan lambung atau penyempitan pembuluh darah. Selain ciri tersebut, otot polos memiliki kontraksi sangat lambat, tidak cepat lelah, dan tahan lama. (Baca : Jaringan otot hewan)
 alasannya yaitu serabut kontraktilnya tidak gelap Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan
Gambar 1. Jaringan otot polos
Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Otot Polos pada Hewan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment