Monday, January 29, 2018

Yuk Berguru Teladan Soal Hots Smp

Contoh Soal HOTS  | .com
Soal-soal HOTS merupakan asesmen yang berbasis situasi konkret dalam kehidupan sehari-hari, dimana penerima didik diperlukan sanggup menerapkan konsep-konsep pembelajaran di kelas untuk menuntaskan masalah.Permasalahan kontekstual yang dihadapi oleh masyarakat dunia ketika ini terkait dengan lingkungan hidup, kesehatan, kebumian dan ruang angkasa, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam banyak sekali aspek kehidupan.

Soal-soal HOTS bertujuan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi.Dalam melaksanakan Penilaian, guru sanggup menyisipkan beberapa butir soal HOTS. Penilaian yang berkualitas akan sanggup meningkatkan mutu pendidikan. Dengan membiasakan melatih siswa untuk menjawab soal-soal HOTS, maka diperlukan siswa sanggup berpikir secara kritis dan kreatif.

Di dalam modul panduan yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2017, Ditinjau dari hasil yang dicapai dalam US dan UN, terdapat 3 kategori sekolah yaitu: (a) sekolah unggul, apabila rerata nilai US lebih kecil daripada rerata UN; (b) sekolah biasa, apabila rerata nilai US tinggi diikuti dengan rerata nilai UN yang tinggi dan sebaliknya nilai rerata US rendah diikuti oleh rerata nilai UN juga rendah; dan (c) sekolah yang perlu dibina kalau rerata nilai US lebih besar daripada rerata nilai UN. Masih banyak satuan pendidikan dalam kategori sekolah yang perlu dibina. Indikatornya yaitu rerata nilai US lebih besar daripada rerata nilai UN.

Contoh Soal HOTS Matematika SMP 

soal HOTS merupakan asesmen yang berbasis situasi konkret dalam kehidupan sehari Yuk Belajar Contoh Soal HOTS SMP
Contoh Soal HOTS Matematika SMP

Ada kemungkinan soal-soal buatan guru level kognitifnya lebih rendah daripada soal-soal pada UN. Umumnya soal-soal US yang disusun oleh guru selama ini, kebanyakan hanya mengukur level 1 dan level 2 saja. Penyebab lainnya yaitu belum disisipkannya soal-soal HOTS dalam US yang menimbulkan penerima didik belum terbiasa mengerjakan soal-soal HOTS. Di sisi lain, dalam soal-soal UN penerima didik dituntut mempunyai kemampuan mengerjakan soal-soal HOTS. Setiap tahun persentase soal-soal HOTS yang disisipkan dalam soal UN terus ditingkatkan.

Pada soal UN yang dibentuk oleh Pemerintah menyisipkan kurang lebih 20% soal-soal berkategori HOTS. Oleh sebab itu, supaya rerata nilai US tidak berbeda jauh dengan rerata nilai UN, maka dalam penyusunan soal-soal US guru diperlukan sanggup menyisipkan soal-soal HOTS di dalamnya.

Jika Anda membutuhkan pola soal HOTS lainnya silakan anda lihat di sini:
Contoh Soal HOTS

Demikian pola soal HOTS matematika Sekolah Menengah Pertama yang bisa aku bagikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment