Friday, June 26, 2020

7 Alasan Aku Menjadi Blogger

Assalamualaikum...
Hallo guys...Jumpa lagi dengan di blog sederhana ini. Tidak menyerupai biasanya saya yang selalu memposting artikel mengenai pelajaran sekolah. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya atau lebih tepatnya curhatan saya perihal dunia blogging.

Jumpa lagi dengan  di blog sederhana ini 7 Alasan Saya Menjadi Blogger

Blogging berdasarkan saya

Seperti yang kita ketahui, blog merupakan media untuk menyebarkan warta yang bermanfaat bagi para pembaca sehingga tidak heran jikalau blog mempunyai kedudukan yang lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan media umum lainnya.

Saya mengenal istilah blogging bahwasanya sudah semenjak lama, hanya saja saya tidak begitu peduli alasannya yaitu memang belum mengetahui betul seluk beluk dunia blogging. Yang saya tahu blog itu dipakai untuk menulis artikel dan mencurahkan isi hati alias curhat saja. Menurut saya langsung ketika itu, blog tidaklah begitu menarik, tidak menyerupai Facebook yang begitu fenomenal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, balasannya saya paham dan menyadari jikalau blogging itu ternyata banyak manfaatnya. 

Berhenti Dari Media Sosial 

Petengahan Tahun 2010 yaitu awal saya mengenal media umum yang berjulukan Facebook. Setelah empat tahun aktive di jejaring sosial Facebook, saya pun mulai jengah. Semakin usang saya memakai Facebook, semakin saya merasa tidak nyaman. Saya selalu melihat teman-teman saya lebih senang dan sukses.

Bagaimana tidak, setiap kali saya menciptakan status, dari 1500 sahabat saya, yang ngelike hanya 20 an saja. Saya pun bertanya-tanya, yang 1480 pada kemanaaaaa? How can be like that ? padahal saya orangnya tidak pelit jempol. Selalu nge-like status teman. Bahkan ada beberapa sahabat yang statusnya selalu saya like, tapi giliran saya menciptakan status, mereka cuek. Sungguh tidak adil.

Akhirnya satu-persatu Facebook sahabat saya itu saya hidden bahkan ada yang saya unfriend. Sebel sih ! Saya merasa tidak mempunyai banyak teman. Saya merasa tidak dihargai. Apa yang salah dengan status saya ? Mengapa mereka tidak peduli. Hanya sekedar kasih like saja mereka tidak mau. Mengapa justru status sampah yang panen jempol. Sungguh “terlalu”.

Bukan hanya itu saja, saya selalu sakit hati bila melihat sahabat yang mengupload foto liburan dengan pacarnya, bermesra-mesraan di media sosial. Duh, rasanya pingin nimpuk mereka pakai sandal hahaha. Apalagi ketika melihat sahabat yang suka pamer harta, bermobil glamor , jalan-jalan ke luar negeri dan belanja-belanja. Sakitnya tuh di siinii. Saya pikir-pikir Facebook hanya menciptakan saya menjadi depresi dan buang-buang waktu saja.

Jika saya renungi, ternyata sebagian besar facebooker itu cenderung menganggap bahwa media umum yaitu media untuk memenangkan kompetisi untuk mendapat popularitas. Astaghfirullah. Saya tidak mau menjadi asing apalagi mati ngenes gara-gara Facebook.

Akhirnya pada pertengahan 2014, dengan berat hati saya harus menutup akun facebook secara permanen. Tanpa Facebook, saya menjadi sedikit lebih tenang. Selang beberapa hari, saya pun mencoba menciptakan blog tapi saya gundah alasannya yaitu tidak tahu bagaimana cara memposting artikel dan sebagainya. Akhirnya blog saya tinggalkan alasannya yaitu saya juga harus focus mencari ilmu.

Kembali ke dunia blogging

Setelah vakum 2 tahun, pada Maret 2016, entah kata kunci apa yang saya ketik waktu itu di search engine hingga balasannya membawa saya ke sebuah blog milik Mas Sugeng. Saya pun membaca artikel yang berjudul Tutorial ngeblog dari A hingga Z. Dari situlah saya mendapat ilmu perihal ngeblog. Dan yang menciptakan saya terkesima dari salah satu artikel di blognya Mas Sugeng yaitu yang berjudul Panduan ngeblog untuk pemula hingga bisa menghasilkan uang.

Dulu saya menerka mendapat uang dari internet itu hanyalah omong kosong. Ternyata apa yang saya pikirkan itu salah. Lalu saya pun mempelajari teknik-teknik bagaimana menghasilkan uang dari blog. Dengan semangat 45 saya pun berselancar mencari warta dari blog yang khusus membahas tutorial blogging. Setelah memahami apa gunanya blog, saya pun menciptakan blog gres dengan niat sungguh-sungguh ingin serius dan fokus mengelolanya.

Dan Bismillah...bulan April 2016 lahirlah dan beberapa blog dummy. Seiring dengan berjalannya waktu balasannya saya mulai mengetahui dan paham istilah-istilah dalam blogging menyerupai Seo, Adsense, traffic, keyword, dan sebagainya. Bahkan saya pun bisa membaca dan memahami kode-kode html. Alhamdulillah.

Alasan saya menjadi Blogger

Tujuan orang menjadi blogger memang berbeda-beda. Jika ada yang bertanya alasan saya ingin menjadi blogger. Baiklah, berikut ini yaitu beberapa alasan saya.

1. Berbagi Informasi
Berbagi warta yang bermanfaat yaitu salah satu alasan utama saya menjadi blogger. Bukankah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda:

Jumpa lagi dengan  di blog sederhana ini 7 Alasan Saya Menjadi Blogger
Sahabatku, menjadi langsung yang bermanfaat yaitu salah satu abjad yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Setiap Muslim diperintahkan untuk memperlihatkan manfaat bagi orang lain. Setiap perbuatan maka akan kembali kepada orang yang berbuat. Seperti kita Memberikan manfaat kepada orang lain, maka keuntungannya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri dan juga sebaliknya.

2. Saya Suka Menulis
Sebagai Seorang blogger sudah niscaya saya suka menulis, alasannya yaitu menulis yaitu hoby saya semenjak dulu. Meskipun kemampuan menulis saya bisa dikatakan masih jauh dari sempurna.

3. Mengisi Waktu Luang
Kesibukan saya sehari-hari yaitu mengajar dan menjadi seorang crafter sehingga saya tidak begitu mempunyai banyak waktu untuk berlama-lama di depan komputer/laptop meskipun bahwasanya saya ingin menjadi full time blogger.

4. Blogger Itu Keren
Tidak menyerupai Facebook yang setiap orang bisa memilikinya alasannya yaitu begitu mudahnya menciptakan account. Sebenarnya menciptakan blog itu juga sangat gampang jikalau tahu caranya. Yang tidak gampang itu mengelolanya. Karena blogging itu membutuhkan proses yang berkelanjutan. Disinilah perlunya proses yang namanya belajar. Tidak semua orang loh bisa mempunyai blog. Makanya saya katakan blogger itu keren dan saya gembira menjadi blogger.

5. Tulisan saya niscaya dibaca
Tiga bulan pertama yaitu masa-masa sulit bagi saya sebagai seorang blogger. Bagaimana tidak, berjam-jam saya menulis artikel hingga larut malam alasannya yaitu artikel memang saya ketik sendiri yang referensinya saya ambil dari aneka macam sumber baik dari buku maupun internet. Sebagai seorang blogger, saya tahu betul bagaimana saya harus beretika. Pantangan saya yaitu mengcopas artikel orang lain secara mentah-mentah. Kalaupun ada artikel hasil copas niscaya saya sertakan sumbernya alasannya yaitu saya sangat menghargai orang lain dalam hal ini sesama blogger.

Tiga bulan di awal ngeblog rasanya saya ingin berhenti dari acara blogging alasannya yaitu saya merasa apa yang saya tulis sia-sia, tidak ada yang membaca. Kalaupun ada hanya satu dua tiga. Saya pun berusaha menghibur diri dengan membaca postingan saya alasannya yaitu blog ini selain untuk menyebarkan juga sebagai catatan online. Makara pada dasarnya pengunjung yaitu saya sendiri hihihi.

Bulan Agustus, blog saya benar-benar sudah dikenal Google dengan baik. Ini terbukti dengan lonjakan trafik yang sangat signifikan. Dan ini mengambarkan bahwa artikel saya dibaca orang. Kalau tidak membaca artikel saya mustahil lah mereka mampir ke blog ini. Memang mereka hantu ? Memang mereka alien ? Saya yakin pengunjung yaitu insan menyerupai anda yang ketika ini sedang membaca goresan pena ini hehe peace ! Masa laporan Google Analytics bohong sih ? bohong kok setiap hari.

Dan bulan ini trafik blog merangkak naik menuju 1000 visitor per hari padahal saya tidak pernah share artikel kemana-mana alasannya yaitu saya tidak punya Facebook, apalagi Twitter dkk. Pengunjung blog saya yaitu pengunjung organik yang murni tiba dari mesin pencari. Mungkin alasannya yaitu inilah disayang Google. Makasih mbah...

6. Blogging Dapat Membantu Orang Lain
Blogger bisa menjadi pekerjaan yang mulia ketika yang kita tuliskan berisi pengetahuan yang bermanfaat. Contohnya blog ini. Ada sebuah email yang masuk di inbox saya dan menyampaikan terima kasih atas artikel yang saya tuliskan, mereka terbantukan. Sungguh ini sangat luar biasa. Thanks Ya Allah...

7. Blogging Dapat Menghasilkan Uang Yang Banyak
Ini salah satu hal terpenting yang mendorong saya untuk menjadi blogger hehehe. Menjadi blogger bisa menghasilkan uang yang banyak. Kita tidak perlu susah payah bekerja. Kita hanya duduk di depan komputer berjam-jam dan mendapat honor yang lumayan. Tidak semudah itu kawan. Blogger itu yaitu pekerjaan yang memeras otak you know ? Disamping itu kita juga harus mempelajari teknik blogging. Beberapa cara menghasilkan uang yaitu dengan Google Adsense yang hingga ketika ini masih menjadi primadona para blogger termasuk saya. To Indria Poetri  yang sudah berbaik hati membimbing saya berguru Adsense. Thank so much non.

Oh ya, mungkin anda pernah membaca dongeng sukses seseorang dari hanya menjadi blogger. Bahkan tidak sedikit yang menimbulkan blogging sebagai mata pencaharian utama. Bahkan ada beberapa blogger yang rela meninggalkan pekerjaan yang sudah memperlihatkan honor 20 juta setiap bulan. Mereka menentukan menjadi full time blogger. Menjadi peternak blog. Mereka menciptakan banyak blog dengan tema yang berbeda, mengelola dan membesarkannya kemudian menjualnya di bursa jual beli blog. Keuntungannya bukan lagi lumayan, sudah sangat luar biasa. Ada salah seorang blogger yang bisa menunaikan ibadah umroh dan haji, bahkan memberangkatkan kedua orang tuanya ke tanah suci. Waaao, Subhanallah ! Mau dunk. Saya juga pingin tuh. www dot menghayaltingkattinggi dot com.

Itulah 7 Alasan Saya Menjadi Blogger, maap ya kalau artikelnya rada ngelantur.
Happy Blogging and Salam Blogger.

No comments:

Post a Comment