Monday, January 29, 2018

Yuk Berguru Awas, Pertanyaan Kebijaksanaan Yang Menjebak !

Pertanyaan Logika Praktis Tapi Menjebak | matematrick.com
Pernahkah Anda mengalami pelajaran matematika di jam-jam terakhir? Bahkan meskipun para siswa sudah dikondisikan konsentrasi dan fokus tetap saja butuh ekstra perhatian untuk memahamkan suatu konsep matematika pada jam-jam itu. Kondisi capek, lapar, dan ngantuk umumnya yang jadi penyebab. Nah, bagaimana sebaiknya menyikapi kondisi tersebut? 
Jika Anda seorang guru, menjadi kreatif itu wajib demi untuk 'menyelamatkan' pembelajaran di kelas. Salah satu triknya yaitu dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan ringan ke siswa guna mendapat perhatian mereka dan menciptakan kelas menjadi hidup.

Berikut ini aku berikan beberapa pola pertanyaan-pertanyan logika matematika yang gampang namun sulit. Lho kok? Iya, gampang alasannya yaitu hanya membutuhkan pengetahuan konsep yang sederhana yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian ala anak SD. Sulit alasannya yaitu menuntut siswa untuk fokus dan konsentrasi mendengarkan pertanyaan yang diajukan.
Dengan kata lain, pertanyaan ini yaitu pertanyaan logika yang menjebak. Silakan disimak dan boleh juga anda mencoba menjawabnya. :)

 Pernahkah Anda mengalami pelajaran matematika di jam Yuk Belajar Awas, Pertanyaan Logika Yang Menjebak !
Pertanyaan Logika Menjebak

Pertanyaan Logika Yang Menjebak

1. Tiga ekor kuda berlari dengan kecepatan 90 km/jam. Berapakah kecepatan dari satu ekor kuda?

2. Sebuah segi empat memiliki empat buah sudut. Jika salah satu sudut aku gunting, barapakah jumlah sudut yang tersisa?

3. Di sebuah lapak buah terdapat 20 buah apel. Jika kau membeli 5 buah, tinggal berapa banyak apel yang kau punya?

4. Pak Romi memiliki 1 anak laki-laki, 2 anak perempuan, 3 ekor sapi dan 4 ekor ayam. Berapakah jumlah keselurahan anak yang dipunyai Pak Romi?

5. Dari kelima anak Pak Rian, dua di antaranya sudah menikah dan tinggal di luar negeri. Sekarang tinggal berapakah anak yang dipunyai Pak Rian?

6. Pak Joni memiliki 4 anak laki-laki. Tiap-tiap anak pria memiliki 1 saudara perempuan. Berapakah jumlah keseluruhan anaknya Pak Joni?

7. Pada sebuah perlombaan lari, Andre berhasil menyalip pelari yang berada di urutan kedua. Di posisi berapakah kini Andre berada?

8. Dibutuhkan 20 menit untuk merebus 5 buah telur. Berapakah waktu yang diharapkan untuk merebus satu buah telur?

9. Dua anak pria berjalan bersama dan menemukan uang sebesar 100.000,-. Berapa banyak uang yang akan mereka temukan jikalau ada 2 anak pria lain yang bergabung?

10. Pada sebuah sangkar ayam berisi 100% ayam betina. Jika dari sangkar itu diambil 10% ayam betina, berapa persen ayam betina yang tersisa?

11. Rani memiliki 5 buah apel. Diminta Budi dua. Tinggal berapa apel yang dipunyai Rani?

12. Rani memiliki 5 buah apel. Diberikan Budi dua. Tinggal berapa apel yang dipunyai Rani?

Jawaban:
text yang disembunyikan
Untuk yang kurang konsentrasi dan terjebak akan menjawab menyerupai ini:
1. 30 km/jam
2. 3
3. 15
4. 10
5. 3
6. 8
7. 1
8. 4 menit
9. 200.000
10. 90%
11. 3
12. 3

Padahal mestinya tanggapan yang benar adalah:
1. tetap 90 km/jam
2. 5
3. 5
4. 3
5. 5
6. 5
7. 2
8. 20 menit
9. 100.000
10. 100%
11. sanggup 4 sanggup 5. Terserah Rani mau menawarkan berapa.
12. sanggup 4 sanggup 5. silakan tebak alasannya :)

Itulah beberapa pola pertanyaan logika matematika yang gampang tapi menjebak. Anda sanggup berimprovisasi dan menyebarkan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sejenis dengan pertanyaan-pertanyaan di atas. Jangan lupa untuk membagikannya kepada aku dan pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. 
Terima kasih sudah menyimak hingga akhir, agar ada manfaatnya. Salam.

No comments:

Post a Comment