Wednesday, May 1, 2019

Pintar Pelajaran Fungsi Keping-Keping Darah Trombosit


Artikel Pengertian Fungsi Keping-Keping Darah Trombosit - Saat kita terluka, maka beberapa dikala lalu darah yang keluar akan segera membeku. Mengapa ini bisa terjadi? Pada sel darah terdapat keping darah atau trombosit. Trombosit ini berperan dalam proses pembekuan darah. Bentuk trombosit yakni bulat kecil dengan diameter berukuran antara 2 hingga 4 μm dan tidak mempunyai inti sel. Trombosit diproduksi dalam sumsum tulang dan berasal dari trombosit besar yang disebut megakariosit. Jumlah trombosit pada sel darah berkisar antara 150.000 hingga 350.000 butir per milimeter kubik. Waktu trombosit aktif biasanya tidak lama, kira-kira 8 hingga 12 hari. Setelah itu, trombosit akan mati dan diambil oleh makrofaga jaringan. Kebanyakan trombosit yang diambil makrofaga ialah trombosit yang berada pada limpa. (Baca juga : Sel Darah)

Proses penyembuhan luka terjadi dikala suatu jaringan tubuh kita tersobek atau terluka. Akibat yang ditimbukan yakni trombosit pada jaringan yang robek akan pecah dan mengeluarkan enzim trombokinase. Pengeluaran enzim ini terjadi atas bantuan FAH (Faktor Anti Hemofilia). Dengan pemberian ion Ca2+, enzim trombokinase akan mengubah protombin menjadi trombin. Trombin akan mengubah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin. Adanya benang-benang fibrin mengakibatkan luka yang mengeluarkan darah akan segera tertutup. Untuk lebih jelasnya, cermati Gambar 1.

sel darah terdapat keping darah atau trombosit Pintar Pelajaran Fungsi Keping-Keping Darah Trombosit
Gambar 1. Proses pembekuan darah
Protombin merupakan suatu senyawa glubolin yang dibentuk oleh hati dan sanggup larut dalam plasma darah. Proses pembentukan protombin dibantu oleh vitamin K. Karena itu, apabila kita kekurangan vitamin K, luka yang mengeluarkan darah akan sulit membeku. Fibrinogen ialah protein yang mempunyai kemampuan untuk larut dalam darah. Sementara benang-benang fi brin tidak memiliki kemampuan untuk itu. Skema berikut sanggup memperlihatkan kepada kita proses tejadinya pembekuan darah.

Anda kini sudah mengetahui Keping Darah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment