Sunday, April 26, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Epitel Pada Binatang Vertebrata

Struktur dan Fungsi Jaringan Epitel pada Hewan Vertebrata - Seperti jaringan epidermis pada tumbuhan, jaringan epitel berperan sebagai pelapis organ dan rongga badan bab luar. Jaringan ini dapat ditemukan pada permukaan badan yang membatasi organ tubuh dengan lingkungan luarnya. Jaringan epitel yang melapisi permukaan tubuh atau lapisan luar badan dinamakan epitelium. Sedangkan jaringan epitel yang membatasi rongga badan dinamakan mesotelium, misalnya perikardium, pleura, dan peritonium. Kemudian, jaringan yang membatasi organ badan dinamakan endotelium. Di dalam struktur tubuh, jaringan epitel berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya dari kerusakan, pengangkut zat-zat antar jaringan, dan tempat keluarnya enzim.

Berdasarkan strukturnya, jaringan epitel dibedakan menjadi 3 macam, yaitu epitel pipih, epitel batang (silinder), dan epitel kubus. Kita bisa membedakan ketiga jaringan epitel tersebut menurut ciri-cirinya. Epitel pipih mempunyai ciri yakni selnya berbentuk pipih dengan nukleus lingkaran di tengah. Epitel batang (silinder) tersusun oleh sel berbentuk ibarat batang dengan nukleus lingkaran di dasar sel. Sedangkan epitel kubus mempunyai sel berbentuk kubus dengan nukleus lingkaran besar di tengah. Menurut lapisan penyusunnya, jaringan epitel terbagi atas beberapa jaringan, yakni epitel pipih selapis, epitel pipih berlapis banyak, epitel silindris selapis, epitel silindris berlapis banyak, epitel kubus selapis, epitel kubus berlapis banyak, dan epitel transisi.

Anda kini sudah mengetahui Struktur dan Fungsi Jaringan Epitel pada Hewan Vertebrata. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment