Thursday, April 30, 2020

Pintar Pelajaran Struktur, Fungsi, Bab Buah Dan Biji Pada Tumbuhan


Struktur, Fungsi, Bagian Buah dan Biji pada Tumbuhan - Apabila serbuk sari dan putik telah masak dan terjadi penyerbukan yang diikuti pembuahan maka bakal buah akan tumbuh menjadi buah. Sementara itu, bakal biji yang terdapat dalam bakal buah akan tumbuh menjadi biji. Bagian bunga yang sanggup berkembang dan ikut menyusun buah sebagai berikut.
  1. Daun pelindung, contohnya klobot pada tumbuhan jagung.
  2. Daun kelopak, contohnya pada tumbuhan terong.
  3. Tangkai putik, contohnya pada buah jagung.
  4. Kepala putik, contohnya pada buah manggis.
  5. Tangkai bunga, contohnya pada jambu monyet.
  6. Perhiasan bunga, contohnya pada nangka.
  7. Dasar bunga, contohnya pada tumbuhan elo.
Bagi flora biji (Spermatophyta), biji ini merupakan alat perkembangbiakan utama, lantaran biji mengandung calon tumbuhan gres (lembaga). Melalui biji ini flora dapat mempertahankan jenisnya.

Pada umumnya biji terdiri atas bagian-bagian menyerupai berikut.
  1. Kulit biji
  2. Tali pusar
  3. Inti biji atau isi biji
Kulit biji merupakan bab terluar biji dan berasal dari selaput bakal biji. Pada umumnya, kulit biji dari flora berbiji tertutup (Angiospermae) terdiri atas dua lapisan sebagai berikut.
  1. Lapisan kulit luar (testa). Lapisan ini memiliki sifat yang bermacam-macam, ada yang tipis, ada yang kaku seperti kulit, dan ada yang keras menyerupai kayu atau batu. Bagian ini merupakan pelindung utama bagi bab biji yang ada di dalam. Lapisan luar ini juga sanggup memperlihatkan warna dan citra yang berbeda-beda contohnya merah, biru, pirang, kehijau-hijauan, ada yang licin rata, dan ada pula yang memiliki bentuk keriput.
  2. Lapisan kulit dalam (tegmen). Biasanya tipis menyerupai selaput, disebut juga dengan kulit ari.
Pada flora berbiji terbuka (Gymnospermae), kulit biji terdiri dari tiga lapisan sebagai berikut.
  1. Kulit luar (sarcotesta), biasanya tebal berdaging. Pada waktu masih muda berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, dan karenanya merah.
  2. Kulit tengah (sclerotesta), suatu lapisan yang kuat, keras, dan berkayu.
  3. Kulit dalam (endotesta), biasanya tipis menyerupai selaput dan seringkali menempel akrab pada inti.
Bagian lain dari biji yakni tali pusar. Tali pusar disebut juga tangkai biji. Setelah biji masak, biji akan terlepas dari tali pusarnya (tangkai biji), dan pada bijinya hanya tampak bekasnya yang dikenal sebagai pusar biji. Perhatikan Gambar 1.
Apabila serbuk sari dan putik telah masak dan terjadi Pintar Pelajaran Struktur, Fungsi, Bagian Buah dan Biji pada Tumbuhan
Gambar 1. Bagian-bagian biji
Bagian lain dari biji yakni inti biji. Inti biji yakni semua bagian biji yang terdapat di dalam kulitnya. Oleh lantaran itu, inti biji juga sanggup dinamakan isi biji. Inti biji terdiri atas lembaga yang merupakan calon individu gres dan putih forum (albumen). Putih forum merupakan jaringan berisi makanan cadangan untuk masa permulaan kehidupan flora baru (kecambah), sebelum sanggup mencari masakan sendiri.

Anda kini sudah mengetahui Struktur Biji, Fungsi Biji, Struktur Buah dan Fungsi Buah pada Tumbuhan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment