Pada suatu hari di kelas XI IPA ada sepasang siswa dan siswi--Rana dan Rama, sedang berdiskusi wacana pelajaran matematika yang gres saja diajarkan, yaitu wacana bahan kombinasi dan permutasi. Kedua siswa ini termasuk siswa-siswa yang cukup cerdas dan tanggap dalam pelajaran matematika. Berikut ini yang mereka diskusikan:
Rana menuliskan di papan tulis himpunan bilangan {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Kemudian kepada Rama ia menyampaikan akan menentukan 5 buah bilangan dan hasil kali kelima bilangan itu disebutkan kepada Rama. Tugas Rama yaitu menebak hasil penjumlahan dari kelima bilangan tersebut, apakah ganjil atau genap. Setelah agak usang berpikir Rama menyatakan mengalah tidak dapat menentukan apakah hasil penjumlahan kelima bilangan itu ganjil atau genap. Rana tersenyum penuh kemenangan alasannya yaitu ia tahu bahwa memang tak cukup gosip yang diberikan kepada Rama untuk menjawabnya. Pertanyaan untuk para pembaca, berapakah bilangan yang disebutkan Rana kepada Rama?
Silahkan anda tempatkan diri anda sebagai Rama dan analisislah bilangan berapakah yang disebutkan oleh Rana.
Untuk penyelesaian/solusi aku sertakan di penggalan paling tamat dari postingan ini. Tetapi mohon dicoba dulu alasannya yaitu apa asyiknya sebuah tebak-tebakan atau permainan bila sudah diketahui kunci/cheatnya? :)
Jika anda tertarik dengan permainan angka lainnya anda mungkin dapat menuju ke sini:
Permainan matematika Persegi Ajaib
Demikianlah postingan wacana permainan tebak-tebakan angka dalam pembelajaran matematika. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Mohon tanggapannya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Salam.
No comments:
Post a Comment