Tebak Tebakan logika, Games dan Permainan Matematika
Selamat tiba kembali di Blog , kawasan bersenang-senang melalui Permainan Matematika dan tebak tebakan Logika. Tak sanggup dipungkiri matematika merupakan pelajaran yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisakah anda membayangkan bagaimana sulitnya menjalani kehidupan sehari-hari tanpa matematika? Tetapi ironisnya di sekolah keadaannya benar-benar bertolak belakang dengan realita. Dari jaman Diponegoro tidak punya hp hingga kini pelajaran matematika selalu menjadi momok. Tanyakan pada siswa maka sebagian besar akan merasa kesulitan dalam memahami matematika. Lebih buruk lagi motivasi dan minat mencar ilmu matematika menjadi sangat kurang sekali.
Sebagai guru kita perlu bertanya dan mencari tahu kenapa pelajaran matematika menjadi pelajaran paling 'buruk' di mata siswa dan hampir di sebagian besar sekolah pelajaran matematika memiliki prestasi paling jelek.
Matematika tidak hanya ilmu yang mempelajari ihwal penghitungan dan pengukuran, tetapi juga kemampuan menganalisa kalau soal yang disajikan berupa cerita. Butuh taktik atau metode pembelajaran khusus yang bisa mengaktifkan tingkat kemampuan pemahaman siswa terhadap kemampuan ini biar apa yang mereka sanggup lakukan tidak melulu hafalan dan mekanisme sederhana. Pemerintah yang dalam hal ini terdiri dari pakar-pakar pendidikan dan guru-guru yang mahir terus mencari penemuan gres untuk sanggup mengoptimalkan pembelajaran matematika di sekolah. Yang masih menjadi pembahasan ketika ini yakni kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan evaluasi otentiknya yang terus menuai kritik dan kontroversi.
Untuk kelas saya, sering saya berikan alternatif pembelajaran dalam bentuk Game Matematika dan tebak-tebakan budi matematika untuk membuat iklim mencar ilmu aktif dan menarik.
Selain sanggup merangsang perkembangan kognitif dan psikomotorik, permainan dan tebak-tebakan matematika ini juga untuk meminimalisir kejenuhan siswa dikarenakan mereka berada dalam suasana mencar ilmu yang menyenangkan, bukan pada suasana yang membuat mereka bosan. Suasana mencar ilmu yang aman ini pada risikonya sanggup mempermudah pemahaman bahan matematika oleh siswa, sehingga dibutuhkan hasil belajarnyapun meningkat.
Silakan dibaca juga : Permainan menebak angka dalam pikiran
Guru tidak akan kurang 'lakon' alasannya guru yakni dalang. Idiom tadi akan berlaku manakala guru senantiasa berbagi diri dan kompetensinya melalui proses mencar ilmu yang terus-menerus diantaranya dengan cara membaca dan mengikuti perkembangan teknologi terbatu yang semakin hari terasa semakin cepat.
Guru tidak akan kurang 'lakon' alasannya guru yakni dalang. Idiom tadi akan berlaku manakala guru senantiasa berbagi diri dan kompetensinya melalui proses mencar ilmu yang terus-menerus diantaranya dengan cara membaca dan mengikuti perkembangan teknologi terbatu yang semakin hari terasa semakin cepat.
Berikut ini akan saya coba bagikan beberapa ilham terkait dengan tebak-tebakan budi yang sanggup guru gunakan untuk menarik perhatian, minat dan partisipasi aktif siswa serta sanggup membawa siswa ke dalam suasana mencar ilmu yang kondusif.
Ide ini beberapa saya dapatkan dari browsing dan membaca kemudian saya modifikasi seperlunya biar layak dipakai di dalam kelas.
Permainan ini saya gunakan ketika hendak mengajak siswa mempelajari pecahan ihwal barisan bilangan. Hampir seakan-akan dengan permainan lompat kodok yang sudah banyak di internet tetapi saya modifikasi dengan mengganti kodok dengan siswa.
Aturan mainnya yakni sebagai berikut:
Silakan anda klik pada kodok biar melompat, Tujuan selesai dari permainan ini yakni memindahkan ketiga kodok hijau ke sisi kanan, dan ketiga kodok coklat ke sisi kiri, dan membiarkan kerikil yang ditengah tetap kosong. Anda tidak akan bisa membuat kondok itu melompat, kalau sempurna di depannya ada dua kodok sekaligus. Anda juga tidak bisa membuat kodok melompat balik ke belakang lagi. Jadi, kodok hanya bisa melompat ke kerikil kosong yang berada sempurna di depannya, atau melompati hanya sebuah kodok yang sama atau berbeda warna.
Untuk aplikasinya saya buat 9 kotak (ubin) berjejer dari kiri ke kanan. Kemudian saya buat siswa dalam kelompok masing-masing 8 orang. Empat orang di sisi kiri dan 4 lainnya di sisi lainnya saling berhadapan. Ubin yang sempurna di tengah kosong sebagai kawasan transit. Tujuannya yakni bertukar kawasan dengan hukum sesuai dengan permainan lompat kodok di atas. Silahkan anda sesuaikan sendiri dengan kondisi kelas.
Demikian satu buah ilham permainan matematika untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Untuk ide-ide permainan lainnya anda bisa melihatnya di sini :
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Permainan Matematika dalam Pembelajaran, semoga ada manfaatnya. Untuk diskusi dan ide-ide perbaikan silakan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.
Demikian satu buah ilham permainan matematika untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Untuk ide-ide permainan lainnya anda bisa melihatnya di sini :
Tebak-tebakan Lucu
Tebak tebakan Logika Matematika
Atau anda bisa mencarinya melalui laman terkait di bawah posting ini.Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Permainan Matematika dalam Pembelajaran, semoga ada manfaatnya. Untuk diskusi dan ide-ide perbaikan silakan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.
No comments:
Post a Comment