Pengertian Masalah
Ada lima tujuan pembelajaran matematika di SMA-MA (Depdiknas, 2006) yang harus dicapai para siswa SMA-MA selama proses pembelajaran matematika, yaitu:
- Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan sempurna dalam pemecahan masalah;
- Menggunakan budi sehat pada pola dan sifat, melaksanakan manipulasi matematika dalam menciptakan generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika;
- Memecahkan persoalan yang mencakup kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menuntaskan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh;
- Menkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
- Memiliki perilaku menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, adalah mempunyai rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta perilaku giat dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Sebelum membahas persoalan dan pemecahan masalah, perhatikan rujukan berikut:
Bilangan 15 sanggup dinyatakan sebagai jumlah dua atau lebih bilangan orisinil berurutan dalam tiga cara, yaitu:15 = 1 + 2 + 3 + 4 + 515 = 4 + 5 + 615 = 7 + 8Nyatakan bilangan 210 sebagai jumlah dua atau lebih bilangan orisinil berurutan. Tuliskan dengan sebanyak-banyaknya cara.
Apakah soal tersebut merupakan persoalan bagi Anda?
Selanjutnya perhatikan lagi rujukan berikut:
987654321 x 9 = ...
Pada rujukan yang pertama ada tantangan yang terkandung di dalamnya dan belum diketahui mekanisme rutin pemecahannya. Sedangkan untuk rujukan soal yang kedua saya yakin bukan menjadi 'masalah' untuk para pembaca.
Secara umum suatu pertanyaan dikategorikan persoalan atau pertanyaan biasa ditentukan oleh ada tidaknya tantangan dan mekanisme rutin pemecahan yang belum diketahui.
Strategi Pemecahan Masalah
Permendiknas No. 22 (Depdiknas, 2006) wacana Standar Isi menyatakan bahwa tujuan pelajaran matematika Sekolah Menengan Atas biar para siswa dapat:
“Memecahkan persoalan yang mencakup kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.”
Dari formulasi di atas, paling tidak ada empat langkah pada proses pemecahan persoalan yang harus dikuasai para siswa sehingga harus dilatihkan kepada mereka, yaitu:
- Memahami masalah,
- Merancang model matematika,
- Menyelesaikan model, dan
- Menafsirkan solusi yang diperoleh.
Demikianlah artikel wacana Strategi Pemecahan Masalah Matematika.
Jika anda membutuhkan file Buku Siswa dan Buku guru Matematika Kelas XII Kurikulum 2013 silahkan anda unduh pada link di bawah ini:
di sini.
Jika anda membutuhkan file Buku Siswa dan Buku guru Matematika Kelas XII Kurikulum 2013 silahkan anda unduh pada link di bawah ini:
di sini.
Jika anda membutuhkan Materi Matematika Wajib untuk Kelas XI MIPA/IPS Kurikulum 2013 atau kelas X anda bisa menuju ke sini: Materi Matematika Wajib untuk Kelas XI MIPA/IPS Kurikulum 2013.
Dan mungkin sebagai refreshing dan intermezzo, anda bisa membuka-buka postingan wacana permainan matematika dan tebakan-tebakan nalar matematika di kolom paling bawah blog ini atau dengan berdasarkan link berikut ini.
Akhirnya, terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Semoga bisa memberi manfaat. Salam
No comments:
Post a Comment