Tuesday, February 13, 2018

Yuk Mencar Ilmu Permainan Angka - Jumlah Dan Hasil Kali Bilangan

 Cukup usang aku tidak memosting goresan pena dikarenakan banyak hal Yuk Belajar Permainan Angka - Jumlah dan Hasil Kali Bilangan
Selamat tiba kembali di . Cukup usang aku tidak memosting goresan pena dikarenakan banyak hal. Kali ini aku akan sajikan sebuah permainan matematika menebak angka yang masih ada keterkaitannya dengan pelajaran matematika penggalan permutasi dan kombinasi. Berikut ini jalan ceritanya:
Pada suatu hari di kelas XI IPA ada sepasang siswa dan siswi--Rana dan Rama, sedang berdiskusi wacana pelajaran matematika yang gres saja diajarkan, yaitu wacana bahan kombinasi dan permutasi. Kedua siswa ini termasuk siswa-siswa yang cukup cerdas dan tanggap dalam pelajaran matematika. Berikut ini yang mereka diskusikan:
Rana menuliskan di papan tulis himpunan bilangan {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Kemudian kepada Rama ia menyampaikan akan menentukan 5 buah bilangan dan hasil kali kelima bilangan itu disebutkan kepada Rama. Tugas Rama yaitu menebak hasil penjumlahan dari kelima bilangan tersebut, apakah ganjil atau genap. Setelah agak usang berpikir Rama menyatakan mengalah tidak dapat menentukan apakah hasil penjumlahan kelima bilangan itu ganjil atau genap. Rana tersenyum penuh kemenangan alasannya yaitu ia tahu bahwa memang tak cukup gosip yang diberikan kepada Rama untuk menjawabnya. Pertanyaan untuk para pembaca, berapakah bilangan yang disebutkan Rana kepada Rama?
Silahkan anda tempatkan diri anda sebagai Rama dan analisislah bilangan berapakah yang disebutkan oleh Rana.
Untuk penyelesaian/solusi aku sertakan di penggalan paling tamat dari postingan ini. Tetapi mohon dicoba dulu alasannya yaitu apa asyiknya sebuah tebak-tebakan atau permainan bila sudah diketahui kunci/cheatnya? :)
Jika anda tertarik dengan permainan angka lainnya anda mungkin dapat menuju ke sini:
Permainan matematika Persegi Ajaib
Demikianlah postingan wacana permainan tebak-tebakan angka dalam pembelajaran matematika. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Mohon tanggapannya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Salam.

Jawabnya yaitu 420.
Penjelasannya : 

Menyebutkan hasil kali 5 buah bilangan yang dipilih sama saja dengan menyampaikan hasil kali dari 2 buah bilangan yang tidak terpilih, dan satu-satunya hasil kali yang mungkin dihasilkan oleh lebih dari satu pasang angka yaitu 12 dan 6.
Kasus 1: 12 dihasilkan dari { 3 , 4 } dan { 2 , 6 }
Kasus 2: 6 dihasilkan dari { 1 , 6 } dan { 2 , 3 }.
Jelas bahwa jumlah ketujuh bilangan yaitu ganjil.
Dalam kasus kedua , jumlah dari kedua pasangan yaitu ganjil (1+6 dan 2+3), sehingga jumlah dari lima nomor yang dipilih dapat ditebak ganjil juga . 
Sedangkan untuk kasus yang pertama tidak dapat ditentukan apakah jumlah keduanya ganjil atau genap (antara 3+4 atau 2+6). Maka terang kasus pertamalah yang mungkin, alasannya yaitu Rama tidak dapat menentukan apakah hasil penjumlahan kelima bilangan ganjil atau genap. Makara hasil kali kelima bilangan yang disebutkan Rana yaitu (1x2x3x4x5x6x7):12=420.

No comments:

Post a Comment