Sunday, March 29, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Otak

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Otak - Teh telah usang dikenal sebagai salah satu jenis minuman terbaik untuk menjaga kondisi kesehatan, apalagi jika teh yang dimaksud ialah teh hijau. Bahkan bisa dikatakan teh hijau merupakan teh terbaik dari segala jenis teh yang ada. Fakta ini semakin diperkuat dengan temuan gres dari China yang menyatakan bahwa teh hijau tak hanya baik untuk jantung tapi juga bagi kesehatan otak.

Studi ini menemukan bahwa senyawa kimia yang dikandung teh hijau bisa mendorong pertambahan sel-sel otak sehingga sanggup meningkatkan daya ingat dan kemampuan pembelajaran visual bagi orang yang meminum teh itu secara rutin.

Teh telah usang dikenal sebagai salah satu jenis minuman terbaik untuk menjaga kondisi kese Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Otak
Teh hijau (Foto: Thinkstock)
"Ada banyak temuan ilmiah yang telah menandakan kegunaan teh hijau untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, tapi kini ada bukti terbaru bahwa kandungan kimiawinya bisa berdampak terhadap prosedur seluler di dalam otak," ungkap ketua tim peneliti Profesor Yun Bai dari Third Military Medical University, Chongqing, China.

"Kami menduga senyawa kimia yang berjulukan EGCG (Epigallocatechin gallate) itu sanggup meningkatkan fungsi kognitif dengan cara menghipnotis pertambahan sel saraf otak atau neurogenesis di hippocampus, bab otak yang bertugas memproses informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang," lanjutnya menyerupai dilansir dari dailymail, Senin (10/9/2012).

Secara khusus, peneliti menemukan bahwa EGCG mendorong produksi sel pregenitor saraf yang sanggup menyesuaikan diri ke dalam aneka macam jenis sel layaknya sel punca (stem cell). 

"Untuk mendapat kesimpulan ini, kami melaksanakan percobaan pada dua kelompok tikus yang salah satunya telah diberi EGCG. Lalu keduanya dilatih selama tiga hari untuk menemukan platform yang terlihat dan tujuh hari untuk menemukan platform tersembunyi di dalam labirin yang ada di sangkar mereka," ujar Prof. Bai.

Hasilnya, tikus yang diberi EGCG membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menemukan platform yang tersembunyi. EGCG pun terbukti bisa meningkatkan kemampuan berguru dan daya ingat tikus secara langsung.

"Temuan ini membantu kami memahami potensi EGCG yang terkandung dalam teh hijau, terutama dalam rangka melawan penyakit degeneratif dan memerangi hilangnya daya ingat yang diakibatkan penyakit atau kondisi tertentu," pungkasnya.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Otak. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Penulis : Rahma Lillahi Sativa
Sumber : detikHealth (Senin, 10/09/2012 08:55 WIB)

No comments:

Post a Comment