Saturday, March 28, 2020

Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi

Artikel Contoh Jenis Macam-macam Produk Bioteknologi - Penerapan bioteknologi begitu luas dan telah dilakukan selama beratus-ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga bioteknologi modernBioteknologi sederhana telah banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain menawarkan keuntungan, penerapan bioteknologi juga tak lepas dari dampak jelek yang ditimbulkan. Apa saja aplikasi bioteknologi tersebut? Bagaimana dampak penerapan teknologi tersebut? Marilah kita pelajari dalam uraian berikut.

1. Produk Bioteknologi dalam Bidang Pangan, Pertanian dan Peternakan, serta Kedokteran

a. Bidang Pangan

Penerapan bioteknologi dalam memproduksi makanan dan minuman merupakan aplikasi bioteknologi tertua. Aplikasi ini banyak dijumpai pada bioteknologi konvensional melalui proses fermentasi. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui penerapan bioteknologi konvensional di sekitar kita.

Teknologi fermentasi dan hasil-hasilnya telah kita bahas di kelas IX. Pada ketika ini, kita pelajari bioteknologi pangan yang lebih modern, yaitu protein sel tunggal (PST atau Single Cell Protein) dan mikoprotein.

1) Protein Sel Tunggal (PST)

Sebagai sumber protein, organisme penghasil PST mempunyai beberapa keunggulan. Keunggulan tersebut terletak pada kemampuan perkembangbiakan yang cepat dan relatif mudah, serta mempunyai konversi protein yang tinggi dibanding sumber protein yang lain. PST mempunyai kadar protein lebih tinggi bila dibandingkan kadar protein kedelai. Keunggulan lainnya yaitu substrat yang dipakai sebagai medium tumbuh mikrobia penghasil PST ini sanggup memanfaatkan limbah.

Beberapa referensi mikrobia yang sanggup dipakai sebagai PST yaitu Saccharomyces cerevisiae dan Candida utilis. Mikrobia ini sanggup dibiakkan dalam skala besar (industri). Protein yang dihasilkan oleh mikrobia ini mengandung asam nukleat tinggi, namun badan insan kurang mempunyai enzim untuk memetabolismenya. Hal ini cenderung mengakibatkan reaksi yang merugikan pada susukan pencernaan manusia. PST dari mikrobia ini (S. cerevisiae dan C. utilis) sering dipakai sebagai suplemen masakan ternak.

Mikrobia lain yang dipakai sebagai sumber PST yaitu Spirulina. Spirulina termasuk Cyanobacteria (ganggang biru) yang sanggup berfotosintesis sehingga sangat menguntungkan sebagai sumber makanan. Spirulina telah dipakai selama berabad-abad dalam bentuk kering oleh bangsa Aztec di Meksiko. Saat ini produk PST banyak dijumpai di pasaran, menyerupai terlihat pada Gambar 1.

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 1. Spirulina dalam bentuk cair dan bubuk
2) Mikoprotein

Mikoprotein yaitu materi masakan sumber protein yang dihasilkan melalui proses fermentasi secara berkesinambungan dari miselium jamur Fusarium graminearum. Jamur tersebut ditumbuhkan pada substrat yang mengandung glukosa dan zat hara lain. Jamur ini juga membutuhkan gas amonia serta garam amonia sebagai sumber nitrogen.

Selain mempunyai nilai konversi protein tinggi, mikoprotein juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Pengujian dan penelitian terhadap nilai gizi serta keamanan bagi konsumennya telah banyak dilakukan. Menurut penelitian telah diketahui bahwa mikoprotein mengandung 47% protein, 14% lemak, 25% serat untuk diet, 10% karbohidrat, 1% RNA, dan 3% abu.

b. Bidang Pertanian dan Peternakan

Indonesia merupakan negara agraris yang menitikberatkan pembangunan pada sektor pertanian. Namun hingga kini kebutuhan beras masih lebih tinggi daripada produksi nasional sehingga Indonesia perlu mengimpor beras. Kondisi ini berbeda dengan negara-negara industri maju menyerupai Amerika. Meskipun bukan negara agraris, produksi kedelai Amerika lebih besar daripada produksi kedelai Indonesia. Semua ini terjadi karena negara industri maju menerapkan bioteknologi modern dalam mengelola pertaniannya.

Bioteknologi modern banyak diaplikasikan dalam bidang pertanian dan peternakan, terutama dalam perjuangan mendapat bibit unggul. Bioteknologi dalam bidang pertanian dan peternakan modern banyak memanfaatkan teknologi DNA rekombinan. Proses DNA rekombinan pada flora memakai vektor Agrobacterium tumefaciens yang mempunyai plasmid Ti (Tumor inducing). Langkah pertama, plasmid Ti diisolasi, kemudian disisipi dengan gen ajaib (transplantasi gen). Setelah itu, plasmid dimasukkan ke dalam A. tumefaciens. Ketika digabung dengan sel-sel tumbuhan, A. tumefaciens membiakkan plasmid.

Setelah berbiak, A. tumefaciens yang telah mengalami rekombinasi (melalui proses DNA rekombinan) kembali menginfeksi kromosom tumbuhan. Kini flora tersebut telah mengandung gen ajaib yang dicangkokkan pada A. tumefaciens. Sel-sel yang dihasilkan dari proses DNA rekombinan tersebut ditumbuhkan dengan metode kultur jaringan sehingga menghasilkan tunas. Setelah tumbuh, tumbuhan tersebut dapat ditanam pada lahan pertanian. Rangkaian proses tersebut dapat Anda simak pada Gambar 2 berikut.
ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 2. Rekayasa genetika pada flora Agrobacterium tumefaciens dengan menggunakan plasmid Ti
Aplikasi (penerapan) DNA rekombinan dengan vektor mikrobia telah menghasilkan binatang maupun tumbuhan transgenik. Hewan maupun flora yang dihasilkan melalui proses ini mempunyai karakteristik yang tidak ditemukan di alam. Beberapa referensi aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dan peternakan sebagai berikut.

1) Padi Transgenik

Penelitian terkini di Jepang yang dilakukan oleh Rachmawati, D., Mori, T., Hosaka, T., Takaiwa, F., Inoue, E., dan Anzai, H. melaporkan bahwa Agrobacterium juga dapat dipakai pada tumbuhan serealia, salah satunya padi. Hasil penelitian mereka telah ditulis dalam jurnal Breeding Science dengan judul Production and Characterization of Recombinant Human Lactoferrin in Transgenic Javanica Rice. Penelitian ini telah berhasil mengekspresikan laktoferin rekombinan pada tanaman padi transgenik kultur rojolele. Laktoferin berfungsi memberikan daya tahan terhadap serangan mikrobia patogen (antibakterial, antiviral, dan antifungal), antiinflamantori, memacu pertumbuhan sel limfosit, aktivitas antioksidan, dan berperan dalam transpor besi dalam tubuh manusia. Walaupun mulut laktoferin pada biji padi rojolele transgenik hanya sekitar 20%, namun penelitian ini telah membuktikan dan menjadi pionir penggunaan

Agrobacterium sebagai vektor tumbuhan serealia. Para ilmuwan di Inggris, Cina, Australia, dan Meksiko juga telah mengembangkan cara lain untuk memperoleh tanaman serealia unggul. Mereka mempelajari peningkatan kandungan vitamin A padi di laboratorium dan mengembangkan padi yang tahan terhadap cuaca dingin.

2) Tembakau Resistan terhadap Virus

Penggunaan plasmid Ti (Tumor inducing) Agrobacterium tumefaciens sebagai vektor sangat luas pemanfaatannya. Berbagai macam flora dapat dikembangkan melalui DNA rekombinan dengan plasmid Ti ini. Salah satu pemanfaatannya yaitu pada penemuan flora tembakau yang tahan terhadap virus TMV (Tobacco Mozaic Virus). Tumbuhan tidak mempunyai sistem kekebalan seperti pada hewan. Beachy, seorang ilmuwan dari Universitas Washington (AS) mengembangkan tumbuhan yang tahan terhadap virus TMV. Ia menggunakan plasmid Ti yang digabung dengan gen yang tahan terhadap penyakit TMV. Gabungan ini kemudian dimasukkan dalam kromosom tembakau. Kromosom tembakau yang telah disisipi gen tahan virus TMV tersebut kemudian diperbanyak melalui teknik kultur jaringan. Tanaman tembakau yang dihasilkan terbebas dari jerawat virus TMV. Virus TMV tidak dapat menginfeksi sel-sel flora tembakau transgenik yang telah disisipi oleh gen tahan virus TMV.

3) Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman (Biokontrol)

Mikrobia telah dimanfaatkan untuk mengendalikan hama dan penyakit tumbuhan (biokontrol). Keuntungan pemanfaatan biokontrol untuk pertanian antara lain mengurangi penggunaan pestisida yang tidak ramah lingkungan. Contoh mikrobia yang dipakai sebagai biokontrol di antaranya Beauveria bassiana (Gambar 3) untuk mengendalikan serangga menyerupai pada Gambar 4, Metarhizium anisopliae untuk mengendalikan hama boktor tebu (Dorysthenes sp.), dan Trichoderma harzianum untuk mengendalikan penyakit tular tanah (Gonoderma sp., jamur akar putih, dan Phytopthora sp.)

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 3. Beauveria bassiana merupakan salah satu mikrobia yang dipakai sebagai  biokontrol
Produk-produk biokontrol yang telah dikomersialisasikan oleh unit kerja lingkup Lembaga Riset Perkebunan Indonesia (LRPI) antara lain Meteor, Greemi–G, Triko SP, NirAma, dan Marfu.

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 4. Serangga yang mati alasannya ditumbuhi jamur B. bassiana
4) Pembuatan Pupuk Organik

Mikrobia juga dimanfaatkan dalam proses pembuatan pupuk organik. Peneliti di Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia (BPBPI) mengembangkan teknologi pembuatan pupuk superfosfat yang disebut Bio–SP dengan menggunakan bantuan mikroba pelarut fosfat. Keunggulan teknologi ini yaitu penggunaan biro biologi untuk mengurangi penggunaan asam anorganik sehingga lebih kondusif bagi lingkungan dan mengurangi biaya produksi.

5) Biosuplemen Probiotik untuk Sapi

Para peternak biasa memasukkan biosuplemen ke dalam pakan ternak. Probiotik merupakan mikrobia yang dapat meningkatkan kesehatan ternak dan mempermudah penyerapan dalam susukan pencernaan ternak. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mempu memproduksi biosuplemen probiotik yang diberi nama PSc. PSc telah diujikan terhadap sapi potong dan sapi perah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Hasil pengujian memperlihatkan adanya kenaikan produksi daging sapi potong dan produksi susu pada sapi perah.

Bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan terus berkembang. Anda telah mempelajari beberapa produk bioteknologi dalam uraian di atas. Selain yang telah disebutkan, masih ada beberapa produk bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan di antaranya sebagai berikut.

Tabel 1. Produk Bioteknologi di Bidang Pertanian dan Peternakan

No.
Produk Bioteknologi
Keterangan
1.
Bunga antilayu
Etilen merupakan hormon flora yang menimbulkan bunga menjadi layu. Para peneliti mengganti gen yang sensitif terhadap etilen pada mahkota bunga dengan gen yang kurang sensitif sehingga kelayuan bunga sanggup ditunda. Contohnya anyelir transgenik yang bisa bertahan tetap segar selama 3 minggu.
2.
Buah tahan kebusukan
Etileh juga merangsang pematangan buah. Aktivitas gen penghasil etilen sanggup dihambat melalui rekayasa genetika sehingga buah tetap segar dalam waktu yang cukup lama. Contohnya tomat ”Flavr Savr”.
3.
Ikan salmon raksasa
Ikan salmon disisipi gen yang sanggup menghasilkan hormon pertumbuhan yang aktif pada fase pertumbuhan embrio. Ikan salmon transgenik ini mempunyai berat 11 kali lipat dibanding ikan salmon biasa dan siklus hidupnya lebih pendek.
4.
Sapi perah dengan hormon
Gen laktoferin yang memproduksi HLF

manusia
(Human Lactoferrin) disisipkan pada sapi perah melalui rekayasa genetika. Sapi tersebut akan memproduksi susu yang mengandung laktoferin. Contohnya sapi Herman.
5.
Hormon Bovin Somatotro-
Gen somatotropin sapi ditransplantasikan

pin (BST)
pada plasmid Eschericia coli sehingga menghasilkan BST. BST yang ditambahkan pada masakan ternak sanggup meningkatkan produksi daging dan susu ternak.
6.
Kain ”alami” sintesis
Kain dari serat alami mempunyai tekstur halus tetapi gampang putus. Adapun kain dari serat sintetis (poliester) tidak gampang putus tetapi terasa panas. Kini telah dikembangkan gen pada kuman yang mengkode enzim yang sanggup mensintesis poliester.

c. Bidang Kedokteran

Penerapan rekayasa genetika dalam bidang kedokteran untuk memproduksi hormon buatan, vaksin untuk melawan virus, maupun antibodi.

1) Pembuatan Insulin

Insulin yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. Hormon ini berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah (glukosa). Namun, tidak semua orang sanggup memproduksi insulin dengan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Bahkan, terdapat pula orang yang sama sekali tidak memproduksi insulin. Orang ini adalah penderita diabetes mellitus. Pasien diabetes memerlukan suntikan insulin tambahan. Pada awalnya insulin ini dibentuk dari kelenjar pankreas sapi atau babi. Insulin yang dibutuhkan seorang pasien diabetes selama setahun lebih kurang sebanyak 0,5 g. Insulin seberat itu diperoleh dari 4.800 g kelenjar pankreas dari 28 ekor hewan. Padahal, bila penderita diabetes mellitus sebanyak 800 pasien lebih, berapa banyak binatang yang harus diambil pankreasnya setiap tahun?

Kebutuhan insulin terpenuhi melalui pengambilan insulin dari hewan, tetapi beberapa pasien menunjukkan gejala alergi. Melalui teknik rekayasa genetika, dapat diperoleh insulin dalam jumlah banyak tanpa mengorbankan banyak binatang ternak. Insulin ini diperoleh dengan mencangkokkan gen (transplantasi gen) yang mengkode insulin ke dalam plasmid bakteri.

Bakteri dengan gen adonan ini dibiarkan membiakkan diri. Bakteri yang dibiakkan tersebut sanggup memproduksi insulin yang dibutuhkan. Hal ini sanggup Anda simak pada Gambar 5 berikut ini.

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 5. Langkah-langkah DNA rekombinan pada produksi insulin.
2) Produksi Vaksin

Selain dipakai untuk memproduksi hormon maupun enzim, teknologi DNA rekombinan juga digunakan untuk menciptakan vaksin. Pada aplikasi ini, secara garis besar beberapa mikroorganisme dipakai untuk menghambat kemampuan mikroorganisme patogen (penyebab penyakit). Mikrobia menjadi suatu bibit penyakit dalam tubuh apabila mikrobia tersebut menghasilkan senyawa toksik bagi badan manusia. Selain itu, bagian-bagian tubuh mikrobia menyerupai flagel dan membran sel juga dapat menimbulkan penyakit. Hal ini alasannya bagian-bagian tersebut kemungkinan terdiri dari protein ajaib bagi tubuh. Senyawa dan protein ajaib ini disebut antigen.

Gen yang mengkode senyawa penyebab penyakit (antigen) diisolasi dari mikrobia yang bersangkutan. Kemudian gen ini disisipkan pada plasmid mikrobia yang sama, tetapi telah dilemahkan (tidak berbahaya). Mikrobia ini menjadi tidak berbahaya alasannya telah dihilangkan kepingan yang mengakibatkan penyakit, misal lapisan lendirnya. Mikrobia yang telah disisipi gen ini akan membentuk antigen murni. Bila antigen ini disuntikkan pada manusia, sistem kekebalan insan akan membuat senyawa khas yang disebut antibodi.

Munculnya antibodi ini akan mempertahankan badan dari pengaruh senyawa ajaib (antigen) yang masuk dalam tubuh. Pelajari Gambar 6 berikut semoga Anda lebih memahami pembuatan vaksin transgenik.

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 6. Langkah-langkah DNA rekombinan pada produksi insulin.
Indonesia juga memanfaatkan bioteknologi untuk membuat vaksin flu burung. Baru-baru ini para mahir dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB bekerja sama dengan Shigeta Pharmaceutical, sebuah perusahaan farmasi dari Jepang telah berhasil menemukan vaksin untuk penyakit yang meresahkan masyarakat ini. Vaksin ini diberi nama Bird CLOSE 5.1. Vaksin ini diperoleh melalui rekayasa genetika dari virus penyebab flu burung H5N1 yang dikawinkan dengan virus influenza Puerto Rico yang sanggup tumbuh dengan pesat. Virus yang dijadikan sampel dalam pembuatan vaksin ini yaitu virus H5N1 yang ditemukan di kawasan Legok, Tangerang, Banten. Zat-zat berbahaya dari virus ini dihilangkan kemudian virus ini dikembangbiakkan dengan cepat. Virus yang sudah tidak berbahaya inilah yang dipakai sebagai vaksin.

3) Antibodi Monoklonal

Teknologi pembuatan antibodi monoklonal diperkenalkan oleh Kohler dan Milstein pada tahun 1975. Mereka sanggup memperlihatkan bahwa sel limfosit penghasil antibodi sanggup difusikan dengan sel mieloma (kanker). Teknologi ini memakai prinsip fusi protoplasma. Fusi ini menghasilkan sel-sel yang sanggup menghasilkan antibodi sekaligus sanggup memperbanyak diri secara terus-menerus menyerupai pada sel-sel kanker. Sel-sel ini menghasilkan antibodi monoklonal. Secara garis besar proses fusi sel antibodi dan sel mieloma (kanker) terlihat pada Gambar 7.

Secara sederhana pembuatan antibodi monoklonal sebagai berikut. Kelinci atau tikus terlebih dahulu diinjeksi dengan antigen kemudian limfanya (tempat pembuatan sel darah putih) diambil. Sel-sel limfa ini kemudian difusikan dengan sel mieloma (sel kanker) melalui elektrofusi. Elektrofusi yaitu fusi secara elektris dengan frekuensi tinggi yang menimbulkan sel-sel tertarik satu sama lain dan kesudahannya bergabung (fusi).

Sel-sel yang melaksanakan fusi kemudian diseleksi untuk mengidentifikasi sel adonan tersebut. Sel-sel ini kemudian diinjeksikan ke badan hewan. Sel-sel gabungan ini akan membentuk antibodi dalam badan hewan. Perhatikan Gambar 6.

ratus tahun mulai dari taraf sederhana hingga  Pintar Pelajaran Produk Bioteknologi
Gambar 7. Proses pembuatan antibodi monoklonal melalui rekayasa genetika
Sel adonan ini sanggup dibiakkan ke dalam suatu kultur sehingga menghasilkan antibodi dalam jumlah besar. Antibodi monoklonal sanggup dipakai untuk mendeteksi kandungan hormon korionik gonadotropin dalam urine perempuan hamil. Dengan demikian, cara ini dapat untuk mendeteksi adanya kehamilan.

Anda kini sudah mengetahui Produk Bioteknologi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Sembiring, L dan Sudjino. 2009. Biologi : Kelas XII untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment