Tuesday, March 31, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Memperbaiki Fungsi Otak Pasien Hiv

Manfaat Teh Hijau untuk Memperbaiki Fungsi Otak Pasien HIV - Teh hijau telah dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, selain itu teh hijau ternyata juga bisa untuk memperbaiki fungsi otak pada pasien pengidap HIV. Penelitian terbaru menemukan bahwa senyawa alami pada teh hijau sanggup mengurangi komplikasi neurologis pada pasien pengidap HIV.

Hal ini dibutuhkan sanggup membuka jalan untuk pengobatan yang sanggup dipakai untuk gangguan otak pada pasien HIV. Joseph Steiner dan koleganya dari Johns Hopkins University telah menemukan bahwa, senyawa polifenol alami pada teh hijau berupa catechin, sanggup membantu untuk mencegah komplikasi neurologis.

Penelitian ini dipublikasikan di Journal of NeuroVirology

Selama ini terapi pengobatan yang dipakai untuk pasien HIV tidak sanggup mengkontrol replikasi virus yang terjadi di otak. Hal ini dianggap tidak efektif untuk mengobati komplikasi terkait yang berafiliasi dengan gangguan neurokognitif pada pasien pengidap HIV.
Manfaat Teh Hijau untuk Memperbaiki Fungsi Otak Pasien HIV Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau untuk Memperbaiki Fungsi Otak Pasien HIV
Teh Hijau (Foto: Thinkstock)
Penelitian sebelumnya telah memperlihatkan bahwa, brain-derived neurotrophic factor (BDNF) merupakan sebuah protein penting yang mendukung kelangsungan dan pertumbuhan neuron di otak. Protein ini aktif pada bab otak yang berfungsi untuk mengingat, berpikir, dan belajar.

Pada pasien HIV tingkat BDNF lebih rendah kalau dibandingkan dengan orang sehat. Dari hal ini sanggup disimpulkan bahwa protein ini mempunyai peranan terhadap gangguan kognitif yang diderita oleh pasien HIV.

Pada penelitian ini, Steiner dan koleganya telah menganalisis dampak dari sekitar 2000 senyawa yang mengandung zat alami dan obat-obatan yang telah disetujui FDA terhadap sel otak. Dari hasil analisis mereka menemukan bahwa, 9 senyawa yang terbukti sanggup melindungi neuron otak berasal dari teh hijau.

Senyawa tersebut sanggup dengan gampang melintasi penghalang pada darah yang menuju ke otak dan bisa meningkatkan potensi terapi pengobatan neurokognitif pada pasien HIV. Kendala utama pada terapi otak yaitu sulitnya obat yang selama ini dipakai menembus penghalang tersebut. Hasil penelitian ini tentunya bisa memperlihatkan impian bagi para pengidap HIV, alasannya yaitu sampai ketika ini belum ada terapi saraf yang tersedia untuk mereka.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh Hijau untuk Memperbaiki Fungsi Otak Pasien HIV. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
i
Sumber : detikFood (Sabtu, 18/08/2012 10:52 WIB)

No comments:

Post a Comment