Friday, January 10, 2020

Pintar Pelajaran Mengapa Daun Sirih Dapat Menyembuhkan Mimisan?


Mengapa Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan ? - Daun sirih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dipercaya secara tradisional sanggup menghentikan perdarahan ketika mimisan. Kenapa daun sirih sanggup menyembuhkan mimisan ?

Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman sirih mempunyai banyak nama menyerupai betel (Prancis), betelhe, vitele (Portugal), ju jiang (China) dan sirih (Indonesia).

Dilansir nzhealth, Jumat (14/1/2011), materi kimia yang terkandung pada daun sirih antara lain minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati.

Mengapa Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan Pintar Pelajaran Mengapa Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan?
Daun sirih (Foto: Klik Dokter)
Kandungan bahan-bahan kimia inilah yang menciptakan daun sirih sanggup menghentikan perdarahan pada ketika mimisan. Tidak hanya pada mimisan, daun sirih juga sanggup menghentikan perdarahan pada luka.

Kandungan antiseptik yang tinggi pada daun sirih juga membuatnya banyak dipakai untuk mengobati basi tubuh dan mulut, menyembuhkan luka dan ruam pada kulit, serta mengobati keputihan pada wanita. Kandungan fenol pada daun sirih lima kali lebih efektif sebagai antiseptik dibandingkan dengan fenol biasa.

Cara menggunakan daun sirih untuk mimisan :
  1. Gunakan 1 lembar daun sirih yang digulung dan ditekan sampai mengeluarkan sedikit minyak.
  2. Kemudian tutup lubang hidung yang berdarah dengan daun sirih dan biarkan selama lebih dari 5 menit. Ini akan menciptakan perdarahan cepat berhenti.

Tanaman sirih berasal dari dari negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara menyerupai India, Pakistan dan Indonesia. Daunnya yang datar berbentuk menyerupai hati ini banyak dipakai orang di Asia sebagai tanaman obat yang sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit.

Tapi pengobatan menggunakan daun sirih atau piper betle ini tidak cukup dikenal di dunia barat alasannya kebiasaan barat yang jauh berbeda dengan timur.

Anda kini sudah mengetahui Mengapa Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan.

Penulis : Merry Wahyuningsih
Sumber : detikHealth (Jumat, 14/01/2011 11:11 WIB)

No comments:

Post a Comment