Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Komponen Kromosom

Komponen Penyusun Kromosom 

Di dalam sel, setiap kromosom berpasang-pasangan dengan kromosom lain yang identik, sehingga disebut kromosom homolog. Setiap pasang kromosom tersebut merupakan pasangan kromosom homolog.

Kromosom memiliki komponen utama, antara lain: DNA (Deoxyribo Nucleic Acid atau asam nukleat deoksiribosa), protein histon, dan protein non histon. Protein histon bersifat basa berpengaruh dan menetralkan keasaman DNA. Lalu, apa kekerabatan antara histon dengan DNA?

Histon ialah protein berbentuk menyerupai manik-manik yang membentuk untaian. DNA melipit atau mengelilingi kumpulan histon (setiap 8 histon) tersebut dan membentuk ikatan dengan histon.

Kumpulan manik-manik histon yang dikelilingi oleh DNA ini membentuk struktur disebut nukleosom. Setiap nukleosom tersusun oleh 8 manik dengan 1 atau 2 lilitan DNA. DNA dan protein histon tersebut terdapat pada bab kromomer.

tersebut merupakan pasangan kromosom homolog Pintar Pelajaran Komponen Kromosom
Gambar 1.1. Nukleosom

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment