Tuesday, August 6, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Aturan Mendel 1 Lengkap

Hukum Mendel 1 - Hukum Mendel 1 disebut juga aturan segregasi yang menyatakan bahwa pada waktu pembentukan gamet, terjadi pemisahan alel secara acak (The Law of Segregation of Allelic Genes). Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, gen merupakan bab dari DNA yang terdapat dalam kromosom. Pasangan kromosom homolog mengandung pasangan gen (terdiri dari 2 alel). Pada pembentukan gamet secara meiosis, pasangan-pasangan gen pada kromosom homolog saling berpisah (tahap Anafase).

Pada final meiosis, setiap sel gamet yang dihasilkan hanya mempunyai satu alel dari pasangan gen saja (pelajari kembali wacana gametogenesis).

Proses pemisahan gen inilah yang disebut segregasi gen. Mengenai Hukum Mendel I ini sanggup kalian kaji dari persilangan monohibrida (pembastaran dengan satu sifat beda). Sebagai langkah awal kalian dalam mempelajari persilangan monohibrida, berikut ini akan dijelaskan wacana istilah-istilah yang sering dipakai dalam persilangan.

1. Genotipe dan Fenotipe

2. Persilangan Monohibrida

Anda kini sudah mengetahui Hukum Mendel 1. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment