Wednesday, February 19, 2020

Pintar Pelajaran Difusi Terbantu : Proses Mekanisme

Artikel Pengertian, Proses dan Mekanisme Difusi Terbantu atau Difusi Terfasilitasi - Difusi terbantu yakni proses difusi yang memakai protein pembawa (carrier protein) sebagai perantara. Seperti halnya pada difusi, arah perpindahan molekul pada proses ini berlangsung dari konsentrasi yang tinggi menuju ke konsentrasi yang lebih rendah, hanya saja proses ini dibantu oleh protein pembawa. Difusi terbantu sanggup diartikan sebagai transpor zat yang terjadi melalui media pembawa. Pada difusi terbantu, molekul akan diikat oleh reseptor yang terletak pada sisi luar sel dan akan dilewatkan melalui membran plasma oleh protein transmembran yang susunannya telah menglami perubahan. Setelah proses tersebut selesai, protein pembawa tersebut akan kembali ke susunan semula. Protein pembawa juga berfungsi sebagai pembuat celah yang sanggup dilalui oleh ion-ion ibarat seolah-olah Cl- dan Na+. Gambar 1. di bawah yakni gambar mengenai prosedur difusi terbantu.
 arah perpindahan molekul pada proses ini berlangsung dari konsentrasi yang tinggi menuju  Pintar Pelajaran Difusi Terbantu : Proses Mekanisme
Gambar 1. Skema difusi terbantu
Anda kini sudah mengetahui Difusi Terbantu atau Difusi Terfasilitasi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment