Sunday, February 9, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Meristem Sekunder Pada Tumbuhan

Struktur dan Fungsi Jaringan Meristem Sekunder pada Tumbuhan - Jaringan Meristem sekunder terbentuk dari jaringan cukup umur yang telah terhenti pertumbuhannya, tetapi menjadi embrional kembali. Kambium gabus pada batang Dicotyledoneae dan Gymnospermae terbentuk dari sel-sel korteks di bawah epidermis. Bagian ini merupakan salah satu referensi meristem sekunder. Sel-sel kambium tumbuh dan membelah sepanjang hidup tumbuhan, sehingga batang tumbuhan tumbuh menjadi lebih besar. Jaringan kambium yang terletak di antara xilem dan floem disebut meristem sekunder. Pertumbuhan sel kambium ke arah dalam akan membentuk xilem sekunder dan ke arah luar membentuk floem sekunder. Jaringan kambium dijumpai pada batang tumbuhan anggota kelas Dicotyledoneae. Sementara itu, tumbuhan kelas Monocotyledoneae tidak memiliki jaringan kambium (meristem sekunder) sehingga batangnya tidak mengalami pertumbuhan sekunder. (Baca: Jaringan Meristem)

Anda kini sudah mengetahui Struktur Jaringan Meristem Sekunder. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment