Thursday, February 13, 2020

Pintar Pelajaran Proses Pengangkutan Zat Dan Air Pada Tumbuhan


Proses Pengangkutan Zat dan Air pada Tumbuhan - Setiap hari flora membutuhkan aneka macam zat penting untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuhnya. Zat tersebut misalnya air, garam mineral, oksigen, dan karbon dioksioda. Sebagaimana kita ketahui, flora dalam kesehariannya pasti membutuhkan zat-zat penting untuk hidup. Zat yang dibutuhkan antara lain air, garam mineral, oksigen, dan karbon dioksida. Pelbagai zat ini sanggup diperoleh dari luar badan tumbuhan. Melalui daun, tumbuhan sanggup memeroleh oksigen dan karbon dioksida. Sedangkan melalui ujung akar dan buluh-buluh akar, air dan garam mineral dapat diangkut flora ke dalam tubuhnya. Untuk mengangkut air dan garam mineral, flora memerlukan suatu proses pengangkutan. Pengangkutan zat ini dilakukan oleh jaringan pengangkut yang melewati berkas pembuluh. Walau begitu, ada juga pengangkutan air dan garam mineral yang tidak diangkut secara eksklusif melalui berkas pembuluh, alias di luar berkas pembuluh xilem dan floem.

Oleh alasannya yaitu itu, pengangkutan air dan garam mineral pada tumbuhan sanggup melalui dua cara, yaitu pengangkutan ekstravaskuler dan intravaskuler. Bagaimanakah proses pengangkutan ekstravaskuler dan intravaskuler pada tumbuhan? Kalian akan mengetahuinya setelah memahami klarifikasi berikut.

Anda kini sudah mengetahui Pengangkutan Zat. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment