Thursday, February 27, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Dinding Sel Flora - Gambar

Struktur dan Fungsi Dinding Sel Tumbuhan - Gambar - Dinding sel merupakan organel yang berada pada sel tumbuhan, sementara sel hewan tidak memilikinya. Dinding sel bersifat kaku, sehingga bentuk sel tumbuhan tidak gampang berubah. Ketebalannya berkisar 0,1 μm. Bagi sel tumbuhan, dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan pencegah dari penghisapan air yang berlebihan sehingga sel tetap utuh. Berdasarkan jenisnya, din ding sel ada dua, ialah dinding sel primer dan dinding sel se k under. Din ding sel primer ter bentuk saat sel membelah, se dangkan dinding sel sekunder terbentuk setelah sel mengalami penebalan. Saat masih muda, dinding sel tersusun oleh selulose polisakarida (lignin dan pektin) yang mempunyai daya renggang. Akibatnya, dinding sel berbentuk tipis dan lentur. Antara dinding sel satu dengan dinding sel lainnya dipisahkan oleh lamela tengah. 
Struktur dan Fungsi Dinding Sel Tumbuhan Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Dinding Sel Tumbuhan - Gambar
Gambar 1. Dinding sel tumbuhan.
Lamela tengah tersusun dari gel yang berisi magnesium dan kalsium pektat. Antara dinding sel yang satu dengan lainnya dihubungkan oleh pori-pori yang mempunyai benang plasma atau plasmodermata. Adanya plasmodemata memperlihatkan peluang zat antarsel bergerak. Sementara itu, dinding sel sekunder berada di antara membran plasma dan dinding primer. Di dalam dinding sekunder terdapat jaringan xilem dan sklerenkim. Sehingga, selulosa dinding sekunder sanggup mengalami penebalan oleh zat lignin (zat kayu) melalui proses lignifikasi. Melalui proses ini, dinding sekunder sel menjadi keras, kaku, dan tahan tekanan.

Anda kini sudah mengetahui Dinding Sel. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment