Thursday, February 6, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan

Struktur Dan Fungsi Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan - Pengertian jaringan epidermis adalah jaringan terluar tumbuhan yang berasal dari jaringan protoderma dan menutupi seluruh badan tumbuhan. Jaringan epidermis biasanya terdiri dari satu lapisan sel yang masih hidup dan terletak pada permukaan luar organ tumbuhan. Bentuk selnya majemuk dan susunannya rapat sehingga tidak terdapat ruang-ruang antarsel (non intercellular spaces). Vakuolanya yang besar terdapat di bab tengah, berisi cairan sel yang berwarna (antosianin) atau sanggup pula tidak berwarna. Jaringan epidermis selain berfungsi sebagai jaringan pelindung juga berfungsi sebagai kawasan pertukaran zat. (Baca : Struktur Jaringan PelindungFungsi Jaringan Dewasa)
tumbuhan yang berasal dari jaringan protoderma dan Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan
Gambar 1. Jaringan pada potongan melintang batang muda flora dikotil
Epidermis terdapat pada batang, akar, dan daun. Epidermis pada permukaan daun dan batang biasanya dilapisi semacam zat lemak yang disebut kutikula, misalnya pada daun nangka. Sementara itu, pada daun pisang dan daun keladi, epidermisnya membentuk lapisan lilin yang kedap air. Sebagian sel-sel epidermis dapat berubah menjadi alat-alat pelengkap lain yang disebut derivat epidermis, contohnya stomata dan trikomata.



Anda kini sudah mengetahui Struktur Jaringan Epidermis Pada Tumbuhan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment