Tuesday, February 11, 2020

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan


Struktur dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan - Asal kata meristem ialah meristes, artinya ‘terbelah’, yang berasal dari bahasa Yunani. Sesuai namanya, sel-sel penyusun jaringan meristem sangat aktif membelah untuk menghasilkan sel baru. Karena itu, tidak salah bila disebut dengan jaringan embrional. Ciri jaringan meristem antara lain: selnya kecil-kecil, dinding sel tipis, inti sel besar, dan vakuola kecil. Kemudian, pada jaringan meristem terdapat sel-sel yang selalu tetap. Sel tetap berfungsi untuk menghasilkan sel-sel gres di dalam meristem. Sel-sel gres dinamakan inisial atau permulaan. Sedangkan sel-sel gres yang mengalami spesialisasi dan perkembangan di dalam jaringan dinamakan derivatif. Sel-sel derivatif merupakan sel pengganti meristem. Menurut asal pembentuknya, jaringan meristem dikelompokkan menjadi tiga macam, yakni promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder.

Promeristem ialah jaringan meristem yang sudah ada sejak tumbuhan berfase embrio. Adapun meristem primer, sanggup ditemukan pada flora dewasa. Meristem primer terletak pada ujung batang dan ujung akar. Karena itu, badan flora sanggup bertambah tinggi dan panjang. Melalui sifatnya ini, meristem primer dinamakan juga meristem apikal.

Sel meristem primer bermetamorfosis meristem sekunder. Sebagai contoh, kambium. Kambium merupakan jaringan yang dimiliki oleh flora dikotil dan flora biji terbuka (Gymnospermae). Kambium terdapat di antara xilem dan floem. Pembelahan sel kambium ke arah dalam akan membentuk kayu. Sedangkan pembelahan sel kambium ke arah luar membentuk kulit kayu. Dengan demikian, kambium sanggup mengalami pertumbuhan ke samping. Misalnya saja, batang dan cabang flora dikotil yang tumbuh semakin besar. Pertumbuhan kambium membentuk lapisan kayu yang lebih tebal daripada kulit kayu. Sebab, pertumbuhan kambium ke arah luar lebih lambat dibandingkan pertumbuhan kambium ke arah dalam.

 sangat aktif membelah untuk menghasilkan sel gres Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan
Gambar 1. Kambium pada batang
Sementara itu, selain asal pembentuknya, jaringan meristem juga dikelompokkan berdasarkan letaknya yaitu meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral. Apakah maksud dari ketiga jenis jaringan ini?

 sangat aktif membelah untuk menghasilkan sel gres Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Meristem pada Tumbuhan
Gambar 2. Jenis jaringan meristem berdasarkan letaknya.
Meristem apikal disebut juga dengan meristem ujung. Meristem apikal terdapat pada ujung akar dan ujung batang. Saat mengalami pemanjangan, meristem apikal akan menghasilkan tunas apikal. Tunas apikal berkembang menjadi pelbagai jaringan gres yang membentuk cabang, daun, dan bunga. Sehingga, pertumbuhan apikal disebut juga pertumbuhan primer. Sedangkan jaringan yang dihasilkan disebut jaringan primer.

Selain mempunyai meristem apikal, jaringan tumbuhan juga mempunyai meristem interkalar. Jaringan meristem interkalar disebut juga meristem antara. Letak jaringan ini berada di antara jaringan permanen (jaringan dewasa). Pertumbuhan meristem interkalar akan menghasilkan bunga. Sehingga tidak salah jikalau jaringan yang dibentuk oleh meristem ini tergolong dalam jaringan primer. Meristem interkalar banyak terdapat pada pangkal ruas batang rumput-rumputan (Graminae).

Selanjutnya, cuilan jaringan meristem yang lain ialah meristem lateral. Jaringan meristem ini dinamakan juga meristem samping. Contohnya meristem lateral pada kambium pembuluh dan kambium gabus. Saat mengalami pembelahan sel, kambium pembuluh atau kambium gabus pada akar dan batang akan mengalami proses penebalan (lignifikasi). Akibatnya, akar atau batang akan semakin besar. Pertumbuhan menyerupai ini dinamakan pertumbuhan sekunder dan jaringan yang dihasilkan dinamakan jaringan sekunder.Sebenarnya pertumbuhan primer dan sekunder flora terjadi pada waktu yang bersamaan, hanya saja letak pertumbuhannya berbeda. Oleh alasannya itu, flora kayu sanggup mengalami pertumbuhan baik secara apikal maupun lateral secara bersamaan.

Anda kini sudah mengetahui Jaringan Meristem. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment