Thursday, August 8, 2019

Pintar Pelajaran Penderasan Niagara

Perpustakaan Cyber (9/4/2015) - Melihat eksklusif keindahan penderasan Niagara pastinya menjadi kenangan seru tak terlupakan. Karena keindahannya inilah penderasan ini sangat terkenal di dunia. Julukan sebagai penderasan terbesar di alam semesta ini juga dinobatkan kepada Niagara. Wajar bila kunjungan wisatawan ke tempat ini tidak pernah sepi. Air terjun Niagara ini berada di 27 kilometer bab utara Buffalo New York dan sebelah tenggara  Toronto Ontario Kanada sekitar 120 kilometer. Niagara terdiri dari tiga air terjun, yaitu  air terjun Kanada atau penderasan Horseshoe, penderasan Amerika dan penderasan Bridal Veil yang bentuknya lebih kecil. Bridal Veil terpisah dari penderasan utama, alasannya dipisahkan oleh Luna Island. Berikut ini bermacam-macam fakta menarik dari Niagara. 

  1. Sekitar 200 ribu kubik air mengalir di Niagara. Meskipun Niagara tidak terlalu tinggi tapi penderasan ini dipercaya terlebar di dunia. Air yang dikucurkan setiap menitmya mencapai 200 ribu kubik. Keindahan penderasan ini semakin mempesona  dengan kehadiran pelangi di atasnya. Membuat semua pengunjung berdecak kagum dan ketagihan ingin melihatnya kembali. Tercatat jutaan orang mengunjungi tempat indah ini setiap harinya. Kepopuleran Niagara sangat terlihat sangat nyata.
  2. Air terjun Niagara membeku. Januari 2014 silam isu heboh tiba dari penderasan Niagara. Dikarenakan penderasan terlebar di dunia ini dalam kondisi membeku. Sehingga ratusan ribu kubik yang dijatuhkannya setiap menit tak terlihat lagi. Tapi hanya terlihat bongkahan es berwarna putih. Meskipun dalam kondisi membeku, penderasan Niagara tetap terlihat mempesona. Air terjun yang membeku dikarenakan tanggapan dari angin puting-beliung salju ekstrem yang dialami tempat Amerika. Suhu udara yang ekstrem ini mencapai minus 52 derajat celcius. Pantas saja bila air yang mengalir di Niagara dapat membeku layaknya es. Pastinya pemandangan ini sangat menarik minat banyak wisatawan. Karena sangat jarang terjadi pada penderasan Niagara.
  3. Sekitar 20 ribu wisatawan berkunjung dalam setahun tanggapan Niagara membeku. Cuaca ekstrem yang terjadi ini dikenal dengan sebutan Polar Vortex. Para ilmuwan beropini jikalau Polar Vortex ini kerap terjadi di tempat Artic. Tapi kondisi penderasan Niagara membeku di luar asumsi para ilmuwan, alasannya Polar Vortex tidak pernah terjadi di tempat Amerika Utara. Dari sisi lain kondisi ekstrem ini memang merupakan bencana, tapi ternyata fenomena alam yang menakjubkan ini berhasil menarik 20 juta turis berkunjung ke Niagara dalam setahun. Para wisatawan tersebut berasal dari dalam negeri dan mancanegara. Sayangnya cuaca ekstrem terpaksa menghentikan sebagian besar aktifitas warga menyerupai bekerja dan bersekolah alasannya sekolah dan perkantoran terpaksa menghentikan operasional.
  4. Air terjun berubah menyerupai stalagmite dan stalactite. Ketika dalam kondisi membeku, air yang biasanya mengalir berubah layaknya stalagmite dan stalactite yang biasa ditemukan dalam sebuah gua.
  5. Niagara disinari cahaya menawan setiap malam. Keindahan Niagara juga semakin mempesona dengan pancaran cahaya buatan berwarna-warni. Air terjun terlihat makin bagus dikala malam menjelang hingga jam 10 malam. Sehingga wisatawan dapat menyaksikan suguhan langka ini setiap malam. Cahaya dihasilkan dari efek cahaya yang spektakuler yang dijamin dapat menciptakan anda terpukau. Cahaya bengal yakni sistem pencahayaan yang diterapkan di Niagara ini. Cahaya ini mempunyai warna biru terperinci yang biasanya diterapkan guna sistem cahaya dikala pesta kembang api. Reaksi warna biru ini dihasilkan dari adonan materi orpiment, sendawa dan belerang. Maka dengan penambahan Cahaya ini, Niagara terlihat sangat dramatis ditambah dengan sentuhan cahaya rembulan.


No comments:

Post a Comment