Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Protista


Pengertian Protista - Pada kepingan ini, kalian akan mempelajari eukariotik yang lebih maju daripada prokariotik. Salah satu kingdom yang termasuk dalam eukariotik ialah Protista. Protista berasal dari bahasa Yunani protos yang berarti ‘pertama’. Jadi, Protista merupakan eukariotik pertama hasil evolusi prokariotik. Pada kepingan ini kalian akan diajak untuk mendalami ciri-ciri umum, klasifi kasi, dan peranan Protista dalam kehidupan. Setelah mempelajari materi pada kepingan ini, dibutuhkan kalian mampu mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista, membedakan Protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan, serta memperlihatkan contoh peranan Protista yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan. Oleh alasannya itu simaklah penjelasannya pada sub kepingan berikut.




Ringkasan :
  1. Ciri-ciri Protista yaitu makhluk hidup bersel satu atau bersel banyak, ada yang me nyerupai jamur, ada yang mirip hewan, dan juga ada yang mirip tumbuhan.
  2. Anggota Protista yang mirip jamur yaitu jamur air (Oomycotina) dan jamur lendir (Mixo mycotina).
  3. Anggota Protista yang mirip binatang ialah anggota Protozoa.
  4. Anggota Protista yang mirip flora ialah majemuk ganggang yang terbagi dalam 6 Filum, yaitu Pyrhophyta, Euglenophyta, Phaeophyta, Chrysophyta, Ahodophyta, Chlorophyta.
  5. Filum Protozoa dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu Rhizopoda (Sarcodina), Ciliata (Cilophora atau infusoria), Flagellata (Mastigophora), dan Sporozoa (Apicomplexa).
  6. Ciri Rhizopoda antara lain badan uniseluler, bentuk tidak tetap, mempunyai sitoplasma, cara hidup bebas dan parasit, bereproduksi secara aseksual (pembelahan biner), dan mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi.
  7. Ciri Cilliata antara lain badan uniseluler, bentuk tetap, mempunyai sitostoma, mempunyai 2 inti sel, bereproduksi secara vegetatif dan generatif, mempunyai trikokis yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri.
  8. Ciri Flagellata antara lain uniseluler, bentuk (bulat, oval, lonjong), mempunyai alat gerak berupa flagella, habitat kosmopolit, cara hidup (soliter, berkoloni, dan melaksanakan simbiosis), cara reproduksi secara vegetatif (membelah diri).
  9. Ciri Sporozoa antara lain uniseluler, bentuk badan bervariasi dalam siklus hidupnya, tidak memiliki alat gerak, cara bereproduksi aseksual dengan cara pembelahan biner, seksual dengan pembentukan gamet.
  10. Peran Protozoa dalam kehidupan yang menguntungkan antara lain sebagai materi penggosok, petunjuk adanya minyak bumi, membantu proses pembusukan sisa makanan dalam usus. Sedangkan peran yang merugikan antara lain sebagai penyebab penyakit, mirip malaria.
  11. Protista yang mempunyai nilai ekonomi tinggi antara lain Chlorella, Ulva, Eucheuma spinosum, Gracilaria, Foraminifera, Radiolaria, dan Diatom.
  12. Protista yang sering menyebabkan penyakit antara lain Trypanosoma, Plasmodium, dan Toxoplasma.
Anda kini sudah mengetahui Protista. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment