Sunday, May 24, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Buah Apel Setiap Hari Bagi Perempuan Menopause

Manfaat Buah Apel Setiap Hari Bagi Wanita Menopause - Studi yang dilakukan oleh para peneliti telah memperlihatkan data mengenai aneka macam macam manfaat dari nutrisi yang terdapat di buah. Penelitian terhadap apel telah dilakukan secara menyeluruh mulai dari kandungan vitamin, mineral sampai seratnya. Salah satu hal yang menjadi fokus penelitian wacana buah ini ialah khasiatnya untuk mencegah penyakit jantung.

Temuan para peneliti memperlihatkan bahwa buah apel sanggup menurunkan kadar lemak di dalam darah secara signifikan pada perempuan menopause. Kelompok perempuan ini merupakan salah yang paling beresiko untuk terkena serangan jantung dan stroke. Data penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi buah apel rutin setian hari selama 6 bulan sanggup menurunkan kolesterol hampir 26 persen.

Penurunan signifikan ini terjadi pada jahat (LDL) yang mengendap pada arteri. Pengendapan ini menjadikan pembekuan darah erat hati dan jantung. Temuan yang dilakukan oleh tim peneliti dari Florida State University, Amerika Serikat, ini telah mendukung data sebelumnya bahwa apel baik untuk jantung.
Manfaat Buah Apel Setiap Hari Bagi Wanita Menopause Pintar Pelajaran Manfaat Buah Apel Setiap Hari Bagi Wanita Menopause
Makan Dua Butir Apel Sehari Cegah Wanita Dari Penyakit Jantung (Foto: Thinkstock)
Data menyebutkan bahwa sekitar 45% perempuan di Inggris akan menderita penyakit jantung atau stroke dan hal ini akan menjadi penyebab terbesar kematian perempuan pasca menopause. Menurut data, warga Inggris mengkonsumsi apel hampir 500.000 ton per tahun.

Sebelum mengalami masa menopause, sepertinya perempuan mempunyai kekebalan alami terhadap penyakit jantung dan hanya sepertiga yang terkena penyakit tersebut. Namun, mulai usia sekitar 50 tahun ke atas, jumlah perempuan penderita penyakit jantung meningkat secara signifikan.

Penelitian terhadap khasiat mengkonsumsi dua butir apel ini melibatkan 160 orang perempuan yang memasuki masa menopause. Sebanyak 80 perempuan diberikan konsumsi apel kering sebanyak 75 gram atau setara dengan dua buah apel segar berukuran sedang. Sementara itu 80 perempuan lainnya memakan 75 gram buah plum sehari, hal ini untuk melihat apakah apel dan plum mempunyai pengaruh yang sama.

Selanjutnya, setiap setiap tiga bulan selama satu tahun mereka menjalani tes darah. Hasilnya memperlihatkan bahwa sehabis tiga bulan, total kadar kolesterol pada kelompok yang memakan buah apel mengalami penurunan sebesar 9 % dan kolesterol LDL sebesar 16 %. Bahkan, sehabis 6 bulan, total kolesterol mengalami penurunan sampai 13% dan kadar LDL turun sebanyak 24%. Tidak ada penurunan lebih lanjut dalam 6 bulan kemudian. Para peneliti menyampaikan  bahwa konsumsi 2 buah apel berukuran sedang sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam waktu tiga bulan secara signifikan.

Temuan ini dimuat di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

Pada tahun 2009, sebuah studi di Polandia memperlihatkan data bahwa konsumsi dua buah apel sehari sanggup menurunkan sampai setengah dari risiko kanker usus pada orang dewasa.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Buah Apel Setiap Hari Bagi Wanita Menopause. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikFood (Sabtu, 28/07/2012 11:13 WIB)

No comments:

Post a Comment