Friday, May 8, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Permen Ekstrak Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat Permen Ekstrak Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan ekstrak daun kemangi (Ocinum canum) sebagai materi aktif permen herbal pencegah amis mulut. "Kemangi mempunyai kandungan flavonoid bersifat antimikroba yang bisa mencegah masuknya bakteri, virus, dan jamur yang membahayakan tubuh," kata Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Winda Nirmala di Yogyakarta, Minggu (10/6/2012).

Flavonoid, jelas Winda, berperan secara pribadi sebagai antibiotik yang mengganggu fungsi dari mikroorganisme. Selama ini, kemangi biasa dipakai sebagai lalapan pada waktu makan untuk menghilangkan amis mulut. Tetapi cara itu kurang efektif lantaran kemangi hanya  digunakan pada saat-saat tertentu.

Manfaat Permen Ekstrak Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut Pintar Pelajaran Manfaat Permen Ekstrak Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut
Daun kemangi (Foto: Kompas)
"Oleh lantaran itu, dibutuhkan terobosan gres untuk sanggup menghilangkan amis verbal dengan cara yang lebih efektif, contohnya dibentuk permen. Cara itu lebih efektif lantaran permen sanggup dikonsumsi kapan saja dan di mana saja," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat Indonesia kebanyakan menghindari makan masakan yang berpotensi mengakibatkan amis verbal menyerupai jengkol, durian, dan petai. Bau verbal selain disebabkan oleh basil penyebab amis mulut, juga disebabkan oleh sisa-sisa masakan yang tertinggal di dalam mulut.

"Hampir 90 persen penyebab amis verbal yakni basil penghasil belerang yang tinggal di cuilan belakang mulut. Untuk menunjukkan alternatif antibau verbal yang kondusif dikonsumsi, kami menciptakan permen herbal dari ekstrak daun kemangi," katanya.

Cara pembuatan permen kemangi diawali dengan mencuci higienis daun kemangi lalu diblender hingga halus. Proses selanjutnya yakni pemerasan ekstrak daun kemangi sambil disaring dengan saringan 200 mesh, dilanjutkan dengan menciptakan variasi konsentrasi ekstrak 25 persen, 50 persen, 75 persen, dan 100 persen.

Ekstrak daun kemangi lalu dimasak sambil dicampur dengan glukosa dan asam sitrat hingga agak lengket dilanjutkan dengan meletakkan permen pada loyang dan membiarkan selama satu jam, selanjutnya mencetaknya. Setelah itu didinginkan pada "freezer" selama 24 jam lalu mengemas permen dalam plastik

"Uji karakteristik permen herbal dari ekstrak daun kemangi antara lain analisis kadar air, kadar gula, uji kadar serat kasar, dan analisis kedaluwarsa. Selanjutnya dilakukan uji daya hambat ekstrak daun kemangi terhadap pertumbuhan basil Streptococcus viridans dan uji penerimaan masyarakat (organoleptik)," katanya.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Permen Ekstrak Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut.

Sumber : kompasHealth (Minggu, 10 Juni 2012 | 14:40 WIB)

No comments:

Post a Comment