Thursday, May 21, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Kulit Apel Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Kulit Apel untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi (hipertensi) sanggup menjadi penyakit yang mematikan bagi semua orang.  Tekanan darah tinggi sering disebut 'silent killer'. Hal ini lantaran penyakit ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang terang atau sulit diketahui tanpa pemeriksaan. Para dokter telah menganjurkan investigasi terhadap tekanan darah secara rutin, utamanya bagi laki-laki dan perempuan yang berusia 50 tahun ke atas.

Ada cara untuk sanggup menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, ialah dengan memanfaat ekstrak kulit apel.
Manfaat Kulit Apel untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pintar Pelajaran Manfaat Kulit Apel untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ekstrak kulit apel bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah  (Foto: Thinkstock)
Berdasarkan jurnal Food Chemistry, para peneliti dari Nova Scotia Agricultural College di Kanada telah menemukan bahwa kulit apel mengandung sejumlah zat alami sampai enam kali lipat dari jumlah materi kimia yang biasa dipakai untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Buah apel telah diketahui mengandung banyak senyawa antioksidan dan kimia yang disebut flavonoid. Falvonoid ini sangat bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan juga baik untuk sistem kardiovaskular.

Oleh lantaran itu, jikalau anda ingin memakan buah apel, maka jangan mengupas dan membuang kulitnya, lantaran jikalau ini anda lakukan maka anda kehilangan sebagian besar nutrisi yang terkandung pada buah ini sehingga keuntungannya bagi kesehatan badan kita akan berkurang.

Para peneliti telah melaksanakan pengujian pada kulit dan daging buah apel terhadap acara enzim penyebab tekanan darah tinggi pada manusia. Enzim ini disebut ACE. Peneliti menemukan bahwa ternyata kulit apel mempunyai flavonoid sebanyak 6 kali lipat jikalau dibandingkan daging buahnya sehingga menghasilkan tingkat antioksidan yang lebih tinggi. Secara keseluruhan, hasil pengujian menunjukkan bahwa flavonoid yang terdapat pada ekstrak kulit apel mempunyai potensi sebagai penghambat ACE. Hal ini sanggup menurunkan tingkat risiko hipertensi," tulis peneliti Nileeka Balasuriya dan Visantha Rupasinghe, menyerupai dilansir naturalnews, Selasa (28/8/12).

Kulit buah apel ternyata lebih efektif untuk mencegah hipertensi jikalau dibandingkan masakan lainnya, menyerupai blueberi, teh hijau, dan ekstrak tumbuh-tumbuhan lainnya. Meskipun buah-buahan lainnya mempunyai beberapa tingkat flavonoid, namun tingkat efektivitas falvonoid dari kulit apel ternyata lebih baik.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Kulit Apel untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikHealth (Selasa, 28/08/2012 17:22 WIB)

No comments:

Post a Comment