Sunday, May 10, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Kemangi Untuk Penguat Aroma Pepes Ikan

Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan - PEPES merupakan masakan khas Sunda. Dalam menciptakan pepes, Anda butuh banyak daun kemangi sebagai kunci kelezatan pepes. “Daun kemangi itu kuncinya dalam menciptakan pepes. meskipun di dalamnya sudah ada daun salam dan daun jeruk, itu sebatas untuk menguatkan rasa,” kata Chef Poeloeng selaku chef Hotel Intercontinental kepada okezone di Jalan Sudirman, Jakarta, belum usang ini.

Daun kemangi menjadikan aroma pepes lebih tajam dan segar. Daun kemangi juga berfungsi pelekat semua bumbu-bumbu yang dipakai dalam pepes.

Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan Pintar Pelajaran Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan
Pepes ikan (Foto: relaischateaux)
Selain daun kemangi sebagai penguat rasa, daun pisang juga sangat diperlukan dalam menciptakan pepes. Daun pisang menjadikan proses pembakaran ikan lebih alami, selain untuk membungkus ikan dan bumbu-bumbu.

“Kenapa memakai daun pisang alasannya masakan Sunda itu lebih ke alam, penggunaannya besar lengan berkuasa pada aroma pembakaran, menjadikan rasa yang khas. Kalau di-steam saja, rasa pepes kurang sedap. Tapi dengan dibakar, rasa pepes kuat,” imbuhnya.

Bahan-bahan yang dipakai tidak banyak. Mengolah pepes dari materi mentah sampai menjadi masakan enak juga tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekira 20 menit.

“Gunakan bumbu putih; kencur, daun salam, daun kemangi, ketumbar, bawang putih, bawang merah, garam, lada, dan daun jeruk untuk membuang busuk bau ikan,” tutupnya.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Kemangi untuk Penguat Aroma Pepes Ikan.

Penulis : Johan Sompotan
Sumber : Okefood (KAMIS, 15 SEPTEMBER 2011 13:27  WIB)

No comments:

Post a Comment