Monday, May 11, 2020

Pintar Pelajaran Manfaat Teh Daun Kemangi

Manfaat Teh Daun Kemangi - Biasanya, daun kemangi hanya dikonsumsi sebagai lalap atau diolah sebagai adonan banyak sekali masakan. Kini, ada satu cara gres mengonsumsi kemangi, meminumnya menyerupai teh.  Sebagai sayuran, kemangi kaya akan provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi mengandung 5.000 SI vitamin A. Daun yang berjulukan latin Ocimum basilicum L. Itu juga mengandung banyak mineral kalsium dan fosfor, yaitu 45 dan 75 mg per 100 g. 

Selama ini, masyarakat Indonesia memanfaatkan kemangi sebagai obat untuk perut kembung atau masuk angin. Lalap kemangi segar juga berguna untuk mengatasi persoalan amis badan, amis mulut, atau air susu ibu (ASI) yang tidak lancar keluar. Sari daun kemangi dipercaya berguna menyembuhkan diare, nyeri payudara, watu ginjal, gangguan pada v*gina, dan juga sanggup mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin. 

 daun kemangi hanya dikonsumsi sebagai lalap atau diolah sebagai adonan banyak sekali kuliner Pintar Pelajaran Manfaat Teh Daun Kemangi
Daun kemangi
Berbagai khasiat itulah yang mendorong empat mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah daun kemangi menjadi teh herbal siap saji. Mereka yaitu Chanel Tri Handoko, Savitri Satya Sulistyani, dan Andri Eko Prasetyo dari jurusan pendidikan kimia, serta Artika Kristianingrum dari jurusan pendidikan matematika. 

"Pengolahan daun kemangi menjadi teh kami maksudkan biar lebih gampang dikonsumsi masyarakat, mengingat daun ini mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan," ujar Artika menyerupai disitat dari situs UNY, Jumat (18/2/2011). 

Selain itu, mereka menyebarkan penemuan teh herbal daun kemangi ini juga alasannya yaitu melihat belum ada yang memproduksi teh dari daun kemangi. Inovasi para mahasiswa UNY ini pun sanggup dilirik sebagai peluang perjuangan baru. 

Cara menciptakan teh herbal daun kemangi cukup sederhana. Bahan yang diharapkan yaitu 5 ons daun kemangi, 1 kg jahe, 2,5 kg gula pasir, lima batang serai, dan 10 lembar daun pandan. 

Pertama-tama, daun kemangi dicuci sampai bersih, dan dikeringkan sampai benar-benar kering. Jahe yang telah dibersihkan dan dikupas lalu diparut bersama serai dan pandan sampai tercampur rata. Campuran tersebut lalu diperas dan disaring untuk diambil sarinya. 

Air perasan jahe, serai, dan daun pandan itu lalu dimasak memakai api kecil dengan ditambah setengah bab gula pasir sambil diaduk sampai mengental. Setelah adonan mengental, tambahkan lagi setengah bab gula pasir sambil terus diaduk sampai terbentuk kristal-kristal. Setelah mengering, haluskan campurkan kristal-kristal tersebut dengan daun kemangi yang sudah dikeringkan tadi dengan memakai mortar. Ayak adonan sehingga menghasilkan abu teh herbal yang siap konsumsi.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh Daun Kemangi.

Penulis : Rifa Nadia Nurfuadah
Sumber : okezoneKampus (Jum'at, 18 Februari 2011 15:18  WIB)

No comments:

Post a Comment