Thursday, November 29, 2018

Yuk Berguru Permainan Korek Api Matematika Sederhana

Permainan korek Api Matematika | Selamat tiba para pecinta matematika. Setelah kemarin aku postingkan tips dan trik permainan korek api kayu pasti menang yang mungkin butuh kening berkerut untuk memahaminya secara benar, maka pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari trik permainan korek api matematika pasti menang dengan versi lebih sederhana.

Inti dari permainan ini yaitu penguasaan wacana konsep matematika sederhana menyerupai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Oleh alasannya tidak begitu ribet dan hanya memerlukan kebijaksanaan sehat matematika yang sederhana, maka permainan ini nantinya sanggup anda mainkan dan belajarkan pada siswa-siswa SD atau SMP.
Ilustrasi dari permainan matematika ini yaitu sebagai berikut:

 Setelah kemarin aku postingkan tips dan trik  Yuk Belajar Permainan Korek Api Matematika Sederhana
permainan korek api matematika

Permainan korek api Matematika

Permainan korek api ini dimainkan oleh dua orang. Disedikan 20 batang korek api/lidi secara berjejer (catatan: anda sanggup berimprovisasi untuk mengganti korek api dengan benda-benda lainnya yang simpel didapat). Secara bergantian kedua orang itu mengambil batang korek api yang ada. Dalam sekali pengambilan banyaknya batang korek api yang sanggup diambil maksimal 4 buah. Makara tiap-tiap kesempatan pengambilan sanggup mengambil 1, 2, 3, atau 4 batang korek api. Dia yang kena giliran terakhir mengambil batang korek api yaitu pihak yang kalah.
Cukup sederhana dan simpel dimainkan kan?
Permasalahannya adalah, bagaimana trik supaya selalu menang pada dikala memainkan permainan korek api ini?

1. sederhana saja : tinggali lawan anda dengan 1 buah batang korek api! Maka lawan anda menjadi pihak yang giliran terakhir mengambil.
Nah, kalau trik itu memang sudah seharusnya begitu...

2. tinggali 6 buah batang korek api pada lawan anda.
Ketika di bidang permainan hanya tinggal 6 buah batang korek api, lawan anda hanya sanggup mengambil 1, 2, 3, atau 4 batang korek api saja. Akibatnya korek api yang tersisa untuk anda ambil yaitu 2, 3, 4 atau 5 buah. Berikutnya anda tinggal mengambil batang korek api sedemikian sehingga menyisakan 1 batang korek api di bidang permainan.
 Setelah kemarin aku postingkan tips dan trik  Yuk Belajar Permainan Korek Api Matematika Sederhana
3. tinggali lawan anda dengan 11 batang korek api.
- Ketika kemudian lawan anda mengambil 1 buah korek api maka berikutnya anda harus mengambil 4 buah, sehingga tersisa 6 buah batang korek api(selanjutnya menyerupai langkah 2).
- Jika lawan anda mengambil 2 buah batang korek api saja, maka anda harus mengambil 3 buah batang korek api, sehingga yang tersisa untuk lawan anda yaitu 6 batang korek api (selanjutnya menyerupai langkah 2).
- Demikian seterusnya. Intinya berapapun batang korek api yang lawan ambil maka anda harus mengambil sejumlah batang korek api supaya yang tersisa di bidang permainan tinggal 6 buah saja. (Langkah selanjutnya menyerupai pada nomor 2).
 Setelah kemarin aku postingkan tips dan trik  Yuk Belajar Permainan Korek Api Matematika Sederhana
4. Tinggali lawan pada posisi batang korek api sejumlah 16.
- Ketika kemudian lawan anda mengambil 1 buah korek api maka berikutnya anda harus mengambil 4 buah, sehingga tersisa 11 batang korek api (selanjutnya menyerupai langkah 3).
- Jika lawan anda mengambil 2 buah batang korek api saja, maka anda harus mengambil 3 buah batang korek api, sehingga yang tersisa untuk lawan anda yaitu 11 batang korek api (selanjutnya menyerupai langkah 3).
- Demikian seterusnya. Intinya berapapun batang korek api yang lawan ambil maka anda harus mengambil sejumlah batang korek api supaya yang tersisa di bidang permainan tinggal 11 buah saja. Langkah selanjutnya menyerupai pada langkah 3.
 Setelah kemarin aku postingkan tips dan trik  Yuk Belajar Permainan Korek Api Matematika Sederhana

5. Sudah. Itu saja.

Nah, kini cek ricek dulu dengan menuntaskan simulasi/studi perkara permainan.

Disediakan 20 batang korek api di bidang permainan.

Kasus 1 : Bagaimana kalau pada dikala anda pingsut(undian) dan menerima giliran pertama untuk mengambil? Berapakah batang korek api yang harus anda ambil untuk menang?

Kasus 2 : Ketika anda dibebaskan menentukan giliran pertama atau kedua untuk mengambil batang korek api, manakah yang anda pilih?

Kasus 3 : Lawan anda giliran pertama mengambil, dan ia mengambil 2 buah batang korek api. Berapakah batang korek api yang harus anda ambil untuk memastikan kemenangan di pihak anda?

Kasus 4 : Lawan anda giliran pertama mengambil, dan ia mengambil 4 buah batang korek api. Berapa batang korek api yang akan anda ambil? Jelaskan alasannya.

Kasus 5 : Bagaimana kalau pada dikala anda pingsut(undian) dan menerima giliran kedua untuk mengambil? Jelaskan cara anda untuk meraih kemenangan?

Nah, kalau anda berhasil menjawab kelima pertanyaan di atas dengan tepat, maka sanggup aku katakan anda telah paham dan menguasai teknik permainan korek api matematika sederhana ini. Silahkan praktekkan dengan teman anda dan buat mereka putus asa alasannya kalah terus dengan anda.

Oh, ya... kalau dirasa permainan tersebut terlalu simpel dan simpel terbaca polanya oleh lawan, anda sanggup memodifikasi atau membuatkan permainan matematika sederhana tersebut dengan menambahkan jumlah batang korek api, atau mengubah hukum pengambilannya, contohnya paling banyak diperbolehkan mengambil 3 batang saja atau pengambilan maksimal 5 batang korek api saja. Konsekuensinya kalau anda mengubah jumlah batang korek api dan/atau mengubah hukum pengambilan maksimal, maka anda juga harus menghitung ulang untuk menentukan formasi-formasi kekalahan bagi lawan.
Contoh: kalau anda menambahkan jumlah batang korek api menjadi 25 buah dan hukum sekali pengambilan maksimal 5 buah, maka gugusan kekalahan untuk lawan berkembang menjadi 1, 7, 13, dan 19. (artinya, tinggali lawan dalam posisi batang korek api sejumlah di atas)

Baca juga: Teka teki Korek Api level menengah

Demikian artikel wacana permainan korek api matematika niscaya menang sederhana yang sanggup aku bagikan. Semoga ada manfaat yang sanggup anda dapatkan. Minimal sanggup jadi materi permainan untuk mengisi waktu luang. Syukur lagi kalau sanggup jadi pemicu wangsit dan kreatifitas anda dalam membuatkan permainan matematika yang lebih menarik lagi.
Terima kasih sudah berkenan membaca artikel ini hingga akhir. Salam.

No comments:

Post a Comment