Friday, November 30, 2018

Yuk Mencar Ilmu Permainan Matematika Untuk Anak Sd

Tags: Permainan Matematika untuk anak SD, Tebak-tebakan angka, Permainan matematika mudah

Permainan Matematika Untuk Anak SD | Selamat tiba di blog , daerah untuk bersenang-senang  dengan matematika melalui Permainan-permainan logika yang sederhana, menarik dan menantang. Kali ini aku akan membahas wacana permainan matematika wacana sistem persamaan Linier. Materi wacana sistem persamaan linier ini sudah diajarkan semenjak mulai dingklik SD, SMP, hingga SMA. Saya akan mulai pembahasan wacana permainan matematika ini dengan menyajikan sebuah soal permainan tebak-tebakan matematika untuk anak SD yang aku yakin semua niscaya pernah menemui pada ketika di sekolah dasar dulu. Atau kalau tidak sekurangnya mirip-miriplah dengan soal ini. Berikut ini soal tebak-tebakannya:
Pak Madi memiliki binatang peliharaan berupa ayam dan kambing. Suatu hari sobat Pak Madi yang berjulukan pak Amir tiba berkunjung ke rumahnya.
Pak Amir : "Wah, banyak betul binatang peliharaanmu. Berapa jumlahnya?"
Pak Madi : "Ah, tidak banyak kok. Jumlah kepalanya ada 25, sedangkan jumlah kakinya ada 84."
Pak Amir : "Waduh, kok gitu jawabannya. Saya tanya berapa jumlah kambingmu dan berapa jumlah ayammu?"
Pak Madi : "Itu tadi jawabannya, silahkan dihitung sendiri"
Bisakah Anda membantu Pak Amir menghitung berapa jumlah masing-masing kambing dan ayam milik Pak Madi?
Soal kisah menyerupai di atas atau yang sejenis dengan itu, jamak kita temui di dalam buku-buku paket anak SD. Biasanya permainan tebak-tebakan matematika menyerupai ini diberikan pada ketika guru hendak mengajak siswa berguru wacana sistem persamaan linier dua variabel.

Solusi: Gampang :)

Baca Juga : Permainan Matematika - Tebak tebakan Logika

Kalau kita cermati, belahan persamaan linier menyerupai ini diajarkan semenjak SD, SMP, hingga SMA. Dan biasanya, soal kisah wacana persamaan linier ini menjadi favorit untuk dikerjakan alasannya ialah mudah. Mungkin anda pernah melihat--entah itu di facebook atau pada ketika googling, tebak-tebakan matematika menyerupai di bawah ini:

 Materi wacana sistem persamaan linier ini sudah diajarkan semenjak mulai dingklik SD Yuk Belajar Permainan Matematika Untuk Anak SD
permainan tebak tebakan matematika
Soal permainan tebak-tebakan matematika di atas bahwasanya sama saja dengan kasus soal wacana Pak Madi di awal. Hanya saja disajikan dalam bentuk lain yaitu berupa gambar. Penyelesaiannya pun memakai cara penyelesaian sistem persamaan linier, yaitu:
1. Eliminasi
2. Substitusi
3. Gabungan Eliminasi dan Substitusi
4. Intuisi

Contoh penyelesaian soal di atas memakai cara eliminasi.

Gambar: Jawaban tebak-tebakan matematika (menyusul)

Saya berikan lagi 1 teladan permainan matematika menebak angka yang aku ambil dari internet.


Permainan Matematika untuk anak SD


 Materi wacana sistem persamaan linier ini sudah diajarkan semenjak mulai dingklik SD Yuk Belajar Permainan Matematika Untuk Anak SD
permainan matematika untuk anak SD
Gambar: soal permainan matematika

Untuk yang ini silahkan anda kerjakan terlebih dahulu. Kalau sudah tuliskan balasan anda di kolom komentar semoga dapat aku nilai. Saya yakin dari balasan yang masuk tidak lebih dari 25% yang benar. Tidak percaya? Buktikan balasan anda berapa. :)

Demikianlah sedikit pembahasan wacana permainan matematika untuk anak SD dan tebak-tebakan angka belahan sistem persamaan linier. Semoga dapat memberi manfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Salam.

No comments:

Post a Comment