Thursday, November 29, 2018

Yuk Mencar Ilmu Tebakan Matematika Dan Permainan Kebijaksanaan


Tebak-Tebakan Matematika dan Permainan Logika Matematika

Pernahkah anda "ditodong" oleh murid-murid anda untuk memperlihatkan sebuah permainan atau tebak-tebakan pada ketika akan memulai KBM?
Terkadang sebagai seorang "dalang" kita mesti memiliki banyak skenario dan materi dongeng yang cukup bermacam-macam semoga suasana pembelajaran tidak menjadi monoton dan membosankan.
Konsekuensinya, kita mesti harus banyak membaca dan meng-upgrade diri serta menambah wawasan sehingga bisa mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan siswa. Adakalanya aku memperlihatkan pada kelas beberapa permainan dan tebakan-tebakan logika untuk melatih cara berpikir dan mengasah kreatifitas anak.
Berikut ini aku berikan beberapa tebakan dan permainan logika. Mungkin tidak begitu berkaitan dengan pelajaran matematika, tetapi terperinci menuntut anda berpikir secara logis dan juga "out of the box". Beberapa pertanyaan ditujukan semoga siswa bisa mengelaborasi balasan dan melatih berpikir lateral yang nantinya akan membawa pada sebuah pandangan gres yang kreatif.

Silahkan anda baca kalimat dan pernyataan di bawah ini dengan cermat semoga sanggup menemukan solusinya secara tepat.
  1.  Asumsikan bahwa penduduk bumi ketika ini yakni 6,7 milyar orang. Jika anda mengalikan semua jumlah jari tangan kiri dari setiap orang ( sebagai catatan, jempol dihitung juga sebagai jari), perkirakan, berapakah hasil dari perkalian tersebut? Jika anda kesulitan memperkirakan hasilnya, silahkan perkirakan saja berapa panjang digit hasil perkalian tersebut.
  2. Kinanti yakni seorang pedagang berdarah Jawa yang dermawan. Pada suatu ketika terjadi peristiwa kekeringan dan gagal panen di sebagian besar pulau Jawa. Dia kemudian mengimpor beras dari Thailand dengan harga Rp. 10.000,- per kilo dan menjualnya kembali di kawasan yang terkena peristiwa dengan harga Rp. 1.000,- per kilonya. Hasilnya beliau menjadi seorang jutawan. Bagaimana bisa?
  3. Pertanyaan ketiga ini tidak berkaitan dengan matematika, tetapi menuntut anda untuk cermat dan berpikir logis. Berikut ini pertanyaannya: Pada suatu ketika di sebuah perempatan jalan raya yang ramai seorang polisi sedang berjaga di posnya. Dia melihat sopir truk berjalan menerobos lampu merah tetapi beliau tidak berusaha menghentikan atau menilangnya. Apakah sebabnya?
  4. Permasalahan yang ke empat ini juga tidak berkaitan dengan matematika, tetapi lagi-lagi menuntut anda untuk berpikir secara logis dan "out of the box". Suatu ketika anda sedang mengendarai motor sendirian. Saat itu yakni malam hari dan suasana sepi sekali. Tiba-tiba anda melihat ada tiga orang di sebuah halte sedang menunggu angkutan. Yang pertama yakni seorang perempuan yang sudah sangat renta dan terlihat kesakitan. Yang kedua yakni sahabat baik anda waktu kecil yang pernah menyelamatkan jiwa anda. Orang yang ketiga yakni seseorang yang selama ini anda cintai secara diam-diam. Motor anda hanya sanggup diboncengi oleh satu orang saja. Siapakah yang akan anda pilih?

Eitsss.. coba jawab dulu ya..
Silahkan anda jawab dengan argumen yang logis dan masuk akal. Solusi akan aku postingkan kalau sudah ada 20 komentar pembaca yang masuk.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca goresan pena ini. Jika anda tertarik silahkan baca juga artikel wacana puzzle matematika atau tebak-tebakan logika lainnya melalui link-link di bawah dan sidebar blog ini.

No comments:

Post a Comment