Friday, November 30, 2018

Yuk Mencar Ilmu Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, Dan Model Pembelajaran

 Tentunya bagi para guru sudah mempersiapkan senjatanya jauh Yuk Belajar Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
Tags: strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik, model pembelajaran, pendekatan saintifik, kurikulum 2013, 5M
Selamat tiba kembali di . Tahun Pelajaran 2015/2016 gres saja dimulai. Tentunya bagi para guru sudah mempersiapkan senjatanya jauh-jauh hari sebelumnya, baik dari Silabus, Prota (program tahunan), Promes (Program semester), Menganalisis KI dan KD, menciptakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Kaldik (Kalender Pendidikan), menghitung ahad dan hari efektif, Rancangan penilaian, Program remidial dan Program Pengayaan, dan lain sebagainya. Di dalam menciptakan perangkat pembelajaran menyerupai yang tersebut di atas, pemahaman akan istilah-istilah menjadi cukup penting sebagai landasan berpijak dalam mengaplikasikannya. Satu hal yang ingin aku soroti dan sering aku temukan yaitu rancunya penyebutan antara strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode, teknik, dan model pembelajaran di dalam RPP yang dibentuk oleh Bapak-Ibu Guru.
Berikut ini akan aku kutipkan pengertian-pengertian dari taktik pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran dengan cita-cita nantinya dalam pembuatan RPP tidak salah kaprah lagi.

STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran yaitu suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis menurut prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang dibutuhkan biar siswa sanggup mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien
Strategi terkait dengan akal guru dalam menentukan pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN
Model adalah suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sebetulnya
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang sanggup dijadikan pola atau pedoman dalam mencapai tujuan.
Model Pembelajaran yaitu contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam pengertian lain Model Pembelajaran yaitu suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga final yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam model pembelajaran terdapat taktik pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
Silakan dibaca juga :
Model pembelajaran kurikulum 2013

PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan yaitu suatu rangkaian tindakan yang terjadwal atau terorganisir menurut prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai
Pendekatan pembelajaran adalah suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip  dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.

METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yaitu prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Metode yaitu jabaran dari pendekatan. Satu pendekakatan sanggup dijabarkan ke dalam banyak sekali metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan mekanisme pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
TEKNIK PEMBELAJARAN
Teknik Pembelajaran yaitu cara-cara konkrit yang digunakan ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru sanggup berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode sanggup diaplikasikan melalui banyak sekali teknik pembelajaran
Contoh Penerapan
   Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
   Metode :  Cooperative Learning
   Teknik  :  Diskusi Kelompok, Inquiry Kepustakaan, Tanya Jawab
   Model   :  Jigsaw
   Pendekatan : PAKEM
   Metode :  Tanya Jawab 
   Teknik  :   Siswa menciptakan dan menjawab pertanyaan sendiri
   Model   :  Snowball Throwing
Di dalam Kurikulum 2013 yang kini mulai diterapkan di sebagian sekolah-sekolah piloting ada dikenal namanya istilah Pendekatan Saintifik. Secara Istilah pengertian dari pendekatan saintifik yaitu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar  penerima didik secara aktif mengonstruk konsep, aturan atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan banyak sekali teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, aturan atau prinsip yang “ditemukan”.
Langkah-langkah pada Proses pembelajaran yang memakai pendekatan saintik sering dikenal dengan pendekatan 5M terdiri atas lima pengalaman berguru pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.  
Kegiatan berguru dalam mengamati antara lain : Membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).
Kegiatan berguru dalam menanya antara lain : Mengajukan pertanyaan ihwal isu yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat isu komplemen ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
Kegiatan berguru dalam mengumpulkan isu antara lain : melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/ kejadian/
aktivitas, dan wawancara dengan nara sumber.
Kegiatan berguru dalam mengasosiasi antara lain : mengolah isu yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.
Pengolahan isu yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan isu yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan antar fakta, fakta dengan konsep, konsep dengan konsep.
Kegiatan berguru dalam menyimpulkan antara lain : Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya.

Demikianlah sedikit uraian ihwal perbedaan istilah-istilah strategi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran serta sedikit klarifikasi ihwal Pendekatan saintifik di dalam Kurikulum 2013. Apa yang aku tuliskan di atas sangatlah minim dan tidak lengkap. Untuk itu jikalau ada kekurangan, kekeliruan, ataupun ketidakjelasan silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Lepas dari itu semua, satu hal yang terpenting yaitu adanya kemauan Bapak/Ibu Guru untuk memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas yang Bapak/Ibu guru ampu.
Untuk Bapak/Ibu guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 menyerupai Silabus dan RPP silahkan menuju ke silabus dan RPP kurikulum 2013 Sudah aku uploadkan pula modul-modul pembelajaran matematika SMA yang masih relevan untuk digunakan dalam kurikulum 2013.
Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.

No comments:

Post a Comment