Thursday, November 29, 2018

Yuk Berguru Taktik Mengerjakan Soal Un 2016/2017


Tags: Soal UN Matematika 2016/2017, prediksi soal UN, tips dan trik mengerjakan soal UN 2016.

Sebuah kesuksesan sedikit banyak dipengaruhi oleh persiapan dan seni administrasi awal yang matang. Demikian juga untuk sanggup lulus dan mendapat hasil yang memuaskan dalam Ujian Nasional 2016/2017, diharapkan persiapan dan seni administrasi yang cerdas dalam pengerjaannya.
Berikut ini ialah beberapa tips dan trik mengerjakan soal-soal UN 2016/2017 yang berlaku untuk seluruh mapel UN, baik soal UN SMP, ataupun soal UN SMA, serta sedikit pemanis metode atau cara cepat untuk mengerjakan soal UN matematika 2016/2017.
Beberapa fakta yang harus diketahui terlebih dulu terkait dengan soal UN tahun 2017 yang akan dihadapi besok adalah:
  • Soal Ujian Nasional 2017 berbentuk multiple choice. Ini berarti se-blank-blank-nya pikiran anda masih tetap sanggup menjawabnya.
  • Jumlah soal 40 atau 50 dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Dengan kata lain rata-rata waktu yang diharapkan untuk menjawab satu soal ialah 2 - 3 menit.
  • Soal-soal UN dibagi menjadi 3 tingkat kesukaran: kelompok soal-soal gampang kurang lebih sebanyak 10%, soal-soal dengan tingkat kesukaran sedang sekitar 70%, dan soal-soal kategori sulit sebanyak 20%an.
Itulah beberapa fakta perihal soal UN yang harus dipahami terlebih dahulu sebab akan berkaitan bersahabat dengan seni administrasi yang akan ditempuh dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.

Strategi Mengerjakan Soal UN 2016/2017

  1. Lima belas menit sebelum ujian dimulai anda akan dipersilahkan untuk mengisi identitas diri. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati sebab ada beberapa perkara yang gagal lulus UN gara-gara pengisian identitas yang tidak tepat.
  2. Sesaat sehabis soal dibagikan dan waktu mengerjakan sudah dimulai segera anda baca soal nomor 1 dengan cepat. Sekiranya anda sanggup menemukan jawabannya silahkan tandai pada pilihan tanggapan yang berdasarkan anda benar, kemudian lanjutkan ke nomor berikutnya. Jika ternyata anda tak punya citra tanggapan yang benar maka jangan terpaku pada soal itu tetapi segera tinggalkan dan beralih ke nomor berikutnya. Demikian seterusnya hingga ke soal yang terakhir. Strategi ini akan menghindarkan anda dari kehabisan waktu dan belum sempat menjawab soal-soal yang mudah.
  3. Berikutnya ialah anda kembali lagi mencoba menjawab soal ujian dari awal. Akan tetapi untuk soal yang sudah anda jawab pada dikala fase pertama tidak usah dibaca lagi. Cukup selesaikan soal-soal yang tadi belum terjawab. Analisis pilihan tanggapan dan bila mungkin persempit kemungkinan tanggapan yang benar hingga tinggal 2 option saja. Selanjutnya cobalah mengingat-ingat lagi teori/rumusnya. Jika tetap tidak ingat maka gunakan nalar atau pikiran sehat anda. Pilihlah tanggapan yang 'sreg' atau pas di hati.
  4. Sampai di sini yang tersisa ialah soal-soal yang sulit, yang tidak ada citra sama sekali untuk mengerjakannya serta tidak sanggup dipersempit kemungkinan pilihan jawabannya. Ini ialah seni administrasi pamungkas yang sesungguhnya tidak dianjurkan, sebab kemungkinan menentukan tanggapan yang benar tidak cukup besar. Sebelum anda melaksanakan seni administrasi ini salinlah terlebih dahulu jawaban-jawaban dari soal yang sudah anda kerjakan di awal ke dalam LJK. Setelah itu analisislah tanggapan yang sudah tercantum pada LJK. Hitung jumlah tanggapan yang sudah dikerjakan per option dan pilih option yang paling sedikit. Misal tanggapan B ialah yang paling sedikit maka semua soal yang belum terjawab anda isi dengan B semua. Strategi ini ditempuh dengan perkiraan bahwa distribusi kunci tanggapan menganut distribusi normal, dimana rata-rata per option ialah jumlah seluruh soal dibagi jumlah option +- 3. Contoh, untuk soal UN matematika jumlah soal ialah 40 dan option tanggapan ada 5 buah, maka pada kunci tanggapan rata-rata tiap option ada 8 buah.
Semakin banyak yang sanggup anda kerjakan di langkah kedua maka semakin elok nilai yang akan anda dapatkan, sebab soal sulit yang harus anda kerjakan dengan seni administrasi keempat akan semakin berkurang.
Demikian beberapa seni administrasi umum yang sanggup anda tempuh pada dikala hari H pelaksanaan Ujian nasional 2016/2017.

Update: 
Download Soal Latihan UN 2017
Latihan Soal UN Sekolah Menengan Atas 2017
Latihan Soal UN Sekolah Menengah Pertama 2017
Latihan Soal UN SD 2017
Adapun seni administrasi untuk mengerjakan soal UN matematika 2017, hampir sebagian besar sanggup anda kerjakan tanpa harus melaksanakan perhitungan yang panjang. Banyak soal UN matematika yang sanggup anda kerjakan dengan pikiran sehat dan sedikit perhitungan. Beberapa pikiran sehat itu diantaranya ialah dengan menganalisis kemungkinan benar dari pilihan jawaban. Ini berlaku di hampir semua soal UN matematika yang bertipe persamaan / pertidaksamaan. Beberapa tipe lainnya menyerupai dimensi tiga yang terkait dengan menghitung jarak atau sudut pada kubus atau limas segitiga beraturan malah angka-angkanya sanggup anda hapalkan sebab yang keluar cuma itu-itu saja. 
Kalau anda tertarik saya sudah pernah mengupload modul yang berisi ringkasan materi/rumus-rumus matematika, pola penyelesaian soal UN cara biasa dan smart solution serta beberapa soal
Prediksi Soal UN Matematika Sekolah Menengan Atas 2017
Materi UN Matematika SMA
Kumpulan Latihan Soal UN 2017

Terakhir, ada pepatah yang menyampaikan "alah sanggup sebab biasa". Semakin anda sering dan terbiasa mengerjakan soal maka anda akan menemukan sendiri cara cepat atau smart solution untuk menuntaskan soal UN Matematika. Maka, seni administrasi yang berdasarkan saya paling efektif dan sanggup dipertanggungjawabkan dalam menghadapi soal UN ialah latihan, latihan, dan latihan.

Sering saya menyampaikan pada siswa-siswa saya di kelas; ketika anda sudah sering ketemu dengan soal UN matematika, bahkan hanya dengan memandang sekilas dan dikedipin saja sudah sanggup ketemu jawabannya. Sedangkan untuk soal yang rada-rada sulit harus dipelototin gres ketemu jawabannya.
Jika anda ingin berlatih soal-soal saya juga mengupload beberapa soal try out hasil kerja MGMP matematika se-Kabupaten

Kumpulan Soal UN Matematika
Contoh soal dan prediksi Ujian Nasional 2017

Akhirnya, selamat mencar ilmu dan berlatih. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon doa restu orang bau tanah semoga pada saatnya nanti mengerjakan soal UN diberi kelancaran serta kemudahan.

No comments:

Post a Comment