Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Demak

Artikel dan Makalah wacana Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan DemakBerikut ini ialah ulasan mengenai kehidupan penduduk di Kesultanan Demak.


a. Kehidupan Ekonomi

Posisi kerajaan Demak sangat strategis dalam perdagangan laut, pelabuhannya sering digunakan transit kapal-kapal dagang dari wilayah Barat yang hendak ke Selat Malaka, begitu pun sebaliknya. Keinginan untuk menjadi kerajaan maritim dilakukan dengan perjuangan menaklukan Malaka dari Portugis. Usaha ini gagal, walau demikian tidak meruntuhkan perekonomian Demak sebab didukung oleh hasil pertanian dan memperoleh laba ekonomi yang besar. Kesadaran pentingnya memanfaatkan ekonomi pertanian, Demak melaksanakan ekspansi wilayah ke daerah-daerah di sekitarnya termasuk ke Jawa Barat.

b. Kehidupan Sosial

Keadaan sosial di Demak tidak jauh berbeda dengan masa berkuasanya Majapahit. Perbedaan yang mencolok terdapat pada penggunaan aturan-aturan dan aturan yang sesuai dengan fatwa Islam, sehingga terasa lebih tertib dan teratur. Demak merupakan sentra penyebaran agama Islam di Nusantara. Lahirnya wali-wali di Demak mempercepat proses penyebaran agama Islam bahkan hingga ke pelosok. Mendirikan pesantren ialah cara penyebaran agama Islam yang efektif. Hitu yang berasal dari Ternate, pernah berguru di pesantren yang didirikan oleh Sunan Giri. Setelah jawaban belajar, dia membuatkan agama Islam di Ternate.

Anda kini sudah mengetahui Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Demak. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment