Thursday, November 21, 2019

Pintar Pelajaran Hipotesis Cara Dan Model Replikasi Dna, Pengertian Model Konservatif, Semi Konservatif, Dispersif

Hipotesis Cara dan Model Replikasi DNA, Pengertian Model Konservatif, Semi Konservatif, Dispersif - Setelah Watson dan Crick menemukan model DNA yang berupa heliks ganda terpilin pada tahun 1953, munculah 3 macam hipotesis perihal cara atau model DNA bereplikasi (Gambar 1), antara lain:

 Setelah Watson dan Crick menemukan model DNA yang berupa heliks ganda terpilin pada tahun Pintar Pelajaran Hipotesis Cara dan Model Replikasi DNA, Pengertian Model Konservatif, Semi Konservatif, Dispersif
Gambar 1. Model replikasi DNA a. konservatif, b. semi konservatif, c. dispersif.
1) Model Konservatif

Menurut hipotesis ini, rantai ganda DNA induk pribadi membentuk salinan berupa rantai ganda DNA gres tanpa ada pemisahan rantai ganda DNA induk terlebih dahulu. Replikasi pertama menghasilkan dua rantai ganda DNA, terdiri dari satu rantai ganda DNA induk dan satu rantai ganda DNA yang benar-benar baru. Pada replikasi kedua, masing-masing rantai ganda DNA tersebut pribadi membentuk salinan DNA yang gres lagi. Akhirnya, menghasilkan empat buah DNA. Satu DNA tetap merupakan DNA induk yang utuh dan tiga DNA merupakan DNA baru.

2) Model Semi Konservatif

Hipotesis model semi konservatif ini dikemukakan oleh Watson dan Crick, menyatakan bahwa rantai ganda DNA induk membuka atau memisah terlebih dahulu sehingga terbentuk dua buah rantai tunggal DNA. Masing-masing rantai tunggal tersebut berfungsi sebagai cetakan untuk membentuk rantai tunggal DNA baru, melalui pembentukan pasangan basa yang komplementer dengan basa nitrogen DNA induk.

Dengan demikian, hasil replikasi pertama ialah dua buah DNA.

Masing-masing DNA terdiri dari satu rantai tunggal induk dan satu rantai tunggal yang baru. Pada replikasi kedua, masing-masing rantai ganda DNA tersebut membuka kembali sehingga dihasilkan empat buah DNA. Dua buah DNA mengandung rantai tunggal induk dan dua buah DNA yang lain merupakan rantai DNA baru.

3) Model Dispersif

Rantai ganda DNA hasil replikasi pertama maupun replikasi ke dua dari DNA induk mengandung segmen adonan antara rantai DNA induk dan rantai DNA baru. Artinya, rantai ganda DNA salinannya terdiri dari dua rantai tunggal DNA yang masing-masing mengandung segmen (bagian atau potongan) DNA induk dan segmen DNA baru.

Pada tamat tahun 1950-an, Matthew Meselson dan Franklin Stahl melaksanakan percobaan untuk menguji ketiga hipotesis tersebut. Ternyata, hasil percobaannya mendukung hipotesis atau ilham dari Watson dan Crick yaitu model semi konservatif.

Anda kini sudah mengetahui Model Replikasi DNA. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment