Thursday, November 21, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian, Perbedaan, Dan Referensi Asam Amino Esensial Dan Asam Amino Non Esensial

Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Asam Amino Esensial Dan Asam Amino Non Esensial - Protein merupakan adonan asam-asam amino dengan cara ikatan peptida, yaitu suatu ikatan antara gugus amino (NH2) dari suatu asam dengan gugus karboksil dari asam yang lain, dengan membebaskan satu molekul air (H2O). Protein disusun oleh 22 macam asam amino, tetapi dari ke 22 macam asam amino tersebut yang berfungsi sebagai penyusun utama protein sebanyak 20 macam. Dari 20 macam asam amino tersebut ternyata ada sebagian yang sanggup disintesis dalam badan ternak, sedang sebagian lainnya tidak sanggup disintesis dalam badan unggas sehingga harus didapatkan dari pakan.

Asam amino yang harus ada atau harus didapatkan dari pakan disebut asam amino esensial dalam pakan (dietary essential amino acid atau indespensible amino acid). Asam amino yang termasuk dalam kelompok ini yakni metionin, arginin, treonin, triptofan, histidin, isoleusin, leusin, lisin, valin dan fenilalanin. Asam amino yang sanggup disintesis dalam badan disebut asam amino non esensial dalam pakan, tetapi apabila esensial untuk metabolisme maka disebut pula sebagai asam amino esensial metabolik (metabolic essential amino acid atau dispensible amino acid). Asam amino yang termasuk kelompok ini yakni : alanin, asam aspartat, asam glutamat, glutamin, hidroksiprolin, glisin, prolin dan serin. 

Di samping itu ada pengelompokan asam amino setengah esensial (semi essential amino acid atau semi dispensible amino acid) alasannya yakni asam amino ini hanya sanggup disintesis dalam badan dalam jumlah yang terbatas dari substrat tertentu. Asam amino yang termasuk dalam kelompok ini yakni tirosin, sistin dan hidroksilisin. 

Anda kini sudah mengetahui  Asam Amino Esensial Dan Non Esensial. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan bahan yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006. 

No comments:

Post a Comment