Thursday, November 21, 2019

Pintar Pelajaran Macam-Macam Vitamin Dan Misalnya Serta Fungsinya Bagi Badan Manusia

Macam-macam Vitamin dan Contohnya serta Fungsinya bagi Tubuh Manusia - Vitamin diberikan nama huruf sesuai dengan penemuannya. Vitamin diberi nama dikala berhasil diisolasi secara terpisah dan struktur kimianya diidentifikasi. Sembilan senyawa atau golongan senyawa yang bekerjasama dekat dianggap sebagai vitamin untuk nutrisi hewan. Walaupun struktur kimia dan fungsi biokimia sangat heterogen, vitamin secara garis besar sanggup digolongkan menjadi dua golongan, golongan pertama yaitu vitamin yang larut dalam lemak atau diserap dengan lemak yang terdiri dari vitamin A, D, E dan K.

Golongan kedua ialah vitamin yang larut dalam air atau diserap dengan air, yang terdiri dari vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B12 (kobalamin), niasin (asam nikotinat), asam folat (asam pteroilglutamat) dan C. Vitamin-vitamin yang larut dalam air berfungsi sebagai enzim dalam banyak sekali reaksi metabolis tertentu. Sifat-sifat umum vitamin ini ialah : molekul tidak hanya tersusun atas unsur C, H dan O, molekul polar sehingga larut dalam air, tidak memiliki provitamin, terdapat disemua jaringan, berfungsi sebagai prekursor enzim-enzim, tidak disimpan secara khusus dalam tubuh. Vitamin ini akan diekskresikan dalam urin bila kadar serumnya melebihi saturasi jaringan (yang selanjutnya mencerminkan pengikatan kofaktor vitamin ke enzim dan protein transport). Vitamin ini relatif lebih stabil, tetapi dalam kondisi temperatur tinggi menjadikan tidak stabil. Karena vitamin yang larut dalam air yang diambil berlebihan biasanya diekskresi, vitamin yang larut dalam air biasanya tidak toksik. Semua vitamin yang larut dalam air, kecuali kobalamin (vitamin B12) sanggup disintesis oleh tumbuh-tumbuhan dan oleh alasannya itu terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau dan ragi.

Vitamin-vitamin yang larut dalam lemak, yaitu A, D, E dan K, sepertinya diharapkan oleh semua jenis ternak. Seperti dinyatakan dari namanya, vitamin yang larut dalam lemak ialah molekul-molekul apolar hidrofobik, yang kesemuanya merupakan derivat isopren. Sifat-sifat umum vitamin yang larut dalam lemak ialah : hanya terdapat di sebagain jaringan, terdiri dari unsur C, H dan O, memiliki bentuk prekursor (provitamin), ikut menyusun struktur jaringan tubuh, diserap bersama lemak, disimpan bersama lemak dalam tubuh, diekskresi melalui feses dan jikalau bercampur dengan vitamin B menjadi kurang stabil serta dipengaruhi oleh cahaya dan oksidasi, kecuali vitamin E yang memiliki sifat broad spectrum, lipid oxidant, maka vitamin-vitamin A, D dan K memiliki sifat aktifitas individual. Kelompok vitamin ini gampang ditimbun kecuali vitamin E.

Semuanya diperlakukan oleh sistem gastrointestinal dengan cara yang sama ibarat lemak makanan. Umumnya, vitamin yang larut dalam lemak memerlukan penyerapan lemak normal untuk ikut diserap. Sekali diserap, vitamin yang larut dalam lemak ditransportasikan ke hati dalam chylomicron dan disimpan dalam hati (vitamin A, D dan K) ataupun dalam jaringan adiposa (vitamin E) dalam banyak sekali jangka waktu. Vitamin-vitamin ini diangkut dalam darah oleh lipoprotein atau protein pengikat spesifik, alasannya tidak eksklusif larut dalam air plasma, ibarat halnya vitamin yaang larut dalam air. Karena itu vitamin yang larut dalam lemak tidak diekskresikan dalam urin tetapi lebih mungkin ditemukan dalam empedu dan dengan demikian diekskresikan dalam feses. Karena gampang disimpan terutama A dan D maka dua vitaamin ini relatif gampang mengalami toksisitas.

Anda kini sudah mengetahui Macam-macam Vitamin. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

DAFTAR PUSTAKA PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK

Artikel ini merupakan bahan yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Wahyu Widodo, Ms. (Fakultas Peternakan-perikanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari Buku Ajar Berjudul "PENGANTAR ILMU NUTRISI TERNAK" tahun 2006.

No comments:

Post a Comment