Friday, November 22, 2019

Pintar Pelajaran Sejarah Berdirinya Jong Sumatranen Bond, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

Artikel dan Makalah perihal Sejarah Berdirinya Jong Sumatranen Bond, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional - Setelah Jong Java, para perjaka Sumatera yang mencar ilmu di Jakarta, pada tanggal 9 Desember 1917 mendirikan organisasi serupa yang disebut Jong Sumatranen Bond. Adapun tujuannya adalah: (Baca juga : Organisasi Pemuda yang Bersifat Kesukuan dan Keagamaan pada Masa Pergerakan Nasional)
  1. mempererat ikatan persaudaraan antara pemuda-pemuda pelajar Sumatra dan membangkitkan perasaan bahwa mereka dipanggil untuk menjadi pemimpin dan pendidik bangsanya.
  2. membangkitkan perhatian anggota-anggotanya dan orang luar untuk menghargai adat-istiadat, seni, bahasa, kerajinan, pertanian dan Sejarah Sumatra.
Untuk mencapai tujuan itu, dilakukan usaha-usaha sebagai berikut:
  1. menghilangkan adanya perasaan prasangka etnis di kalangan orang-orang Sumatera;
  2. memperkuat perasaan saling membantu;
  3. bersama-sama mengangkat derajat penduduk Sumatra dengan alat propaganda, kursus, ceramah-ceramah dan sebagainya.
Berdirinya Jong Sumatranen Bond ternyata sanggup diterima oleh pemuda-pemuda Sumatera yang berada di kota-kota lainnya. Oleh alasannya ialah itu, dalam waktu singkat organisasi ini sudah memiliki cabng-cabangnya di Jakatra, Bogor, Serang, Sukabumi, Bandung, Purworejo, dan Bukittinggi. Dari organisasi inilah lalu muncul tokoh-tokoh nasional menyerupai Moh. Hatta, Muh. Yamin, dan Sutan Syahrir. Atas kesadaran nasionalisme, nama Jong Sumatranen Bond yang memakai istilah bahasa Belanda, diubah menjadi Pemoeda Soematra.

Anda kini sudah mengetahui Jong Sumatranen Bond. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment