Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Bab / Struktur Sel Fungi

Bagian / Struktur Sel Fungi - Dilihat dari struktur tubuhnya, Fungi memiliki ciri-ciri yang berguna untuk mengenal apakah suatu organisme merupakan Fungi atau bukan. Organisme yang termasuk Fungi bisa terdiri atas satu sel maupun terdiri atas banyak sel. Fungi yang bersel tunggal (uniseluler), misal yaitu ragi (Saccharomyces cerevisiae). Sedangkan Fungi yang tubuhnya bersel banyak (multiseluler) bisa berupa Fungi mikroskopis maupun Fungi makroskopis. Fungi mikroskopis adalah Fungi yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop, alasannya mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil. Contoh Fungi mikroskopis multiseluler adalah Aspergillus sp. dan Penicillium sp. Fungi multiseluler juga ada yang bersifat makroskopis, gampang diamati dengan mata telanjang, yang berukuran besar. Contoh Fungi makroskopis yaitu jamur merang (Volvariella valvacea) dan jamur kuping (Auricularia polytricha). (Baca juga : Ciri-ciri Fungi)

Fungi adalah organisme eukariotik (eu: sejati dan cariyon: inti), yaitu organisme yang inti selnya mempunyai selaput inti atau karioteka yang lengkap. Di dalam sel fungi terdapat sitoplasma dan nukleus yang kecil. Perhatikan Gambar 1, 2, dan 3.
untuk mengenal apakah suatu organisme merupakan Pintar Pelajaran Bagian / Struktur Sel Fungi
Gambar 1. Saccharomyces cerevisiae, Fungsi makroskopis uniseluler (AJ Cann / Flickr)
untuk mengenal apakah suatu organisme merupakan Pintar Pelajaran Bagian / Struktur Sel Fungi
Gambar 2. Penicillium sp. (Kathie Hodge / Flickr)
untuk mengenal apakah suatu organisme merupakan Pintar Pelajaran Bagian / Struktur Sel Fungi
Gambar 3. Jamur kuping (Auricularia polytricha) (Wikimedia Commons) 
Fungi memiliki bentuk tubuh bervariasi, ada yang bulat, bulat telur, maupun memanjang. Pada Fungi bersel banyak (multiseluler) banyak terdapat gugusan sel yang membentuk benang, disebut hifa. Pada Fungi yang sifat hidupnya parasit, hifa mengalami modifikasi, disebut haustoria. Haustoria merupakan organ untuk menyerap makanan dari substrat daerah hidup Fungi, dan organ ini memiliki kemampuan untuk menembus jaringan substrat (Baca : Cara Fungsi Mendapatkan Nutrisi). Beberapa jaringan hifa akan membentuk miselium. Miselium merupakan daerah pembentukan spora dan juga sebagai alat reproduksi serta alat untuk mendapatkan makanan. Hifa juga bisa membentuk struktur yang disebut badan buah. Badan buah merupakan kumpulan hifa yang muncul dari dalam tanah atau kayu yang lapuk. Badan buah dijumpai pada kelompok jamur tertentu.

Anda kini sudah mengetahui Struktur Sel Fungi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment