Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Paham Merkantilisme, Pengertian, Tujuan, Contoh

Artikel dan Makalah perihal Paham Merkantilisme, Pengertian, Tujuan, Contoh - Istilah Merkantilisme diambil dari kata ”Mercari” yang artinya berjual beli. Merkantilisme yaitu sebuah sistem ekonomi di mana negara mempunyai wewenang yang besar, atau disebut juga sebagai sistem ekonomi proteksi. Kemakmuran diperoleh dari perdagangan luar negeri. Ideologi ini sangat berpengaruh pengaruhnya, sehingga pada kala ke-18 bermetamorfosis politik ekonomi di negara-negara Eropa Barat. Tujuan dari merkantilisme yaitu untuk melindungi perkembangan industri perdagangan dan melindungi kekayaan negara yang ada di masing-masing negara. Negara atau pemerintah memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya untuk membiayai negara; negara atau pemerintah merupakan satu-satunya penguasa ekonomi. Cara yang dipakai dalam rangka memperkaya negara yaitu dengan penumpukan kekayaan yang berupa logam mulia yaitu emas dan perak. Negara yang banyak mempunyai timbunan logam mulia dalam jumlah yang besar merupakan negeri yang kaya, dan mempunyai kemampuan untuk menyebarkan kekuatannya sehingga sanggup memperkuat armada perangnya. (Baca juga : Hubungan Antara Paham Rasionalisme, Merkantilisme, Revolusi Industri, Dan Kapitalisme)

Demikian pula negara yang kaya, akan mengalami kemajuan dalam perdagangan dan perjuangan produksi lainnya. Hasil produksi ekspor ditingkatkan, sebaliknya barang impor dibatasi dan dikenakan biaya yang tinggi. Daerah jajahan dipaksa untuk menghasilkan materi mentah untuk keperluan industri dan dipaksa untuk membeli hasil industri negara induk, atau tempat jajahan juga dijadikan sebagai tempat pemasaran sesudah materi mentahnya diambil. Di India, Inggris memaksa penduduk menanam kapas dan di Amerika mereka melarang penduduk koloni mengimpor barang-barang kecuali dari Inggris. Di Inggris, politik merkantilisme diberlakukan pada masa Raja Henry VIII dan di Prancis pada masa Perdana Menteri Colbert.

Anda kini sudah mengetahui Merkantilisme. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment