Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Paham Rasionalisme, Pengertian, Tokoh, Contoh

Artikel dan Makalah ihwal Paham Rasionalisme, Pengertian, Tokoh, Contoh - Rasionalisme ialah paham yang menganggap sesuatu itu dianggap benar jikalau sesuai dengan nalar pikiran. Tempat kelahiran rasionalisme ialah Prancis (Renne Descartes 1596-1650). Ia ialah seorang filosof,ilmuwan dan matematikus Prancis yang tersohor. Sebenarnya, rasionalisme merupakan kelanjutan dari perlawanan terhadap ajaran-ajaran yang bersifat dogamatis dan taradisi yang mulai tampak pada periode ke-15 dan periode ke-16. (Baca juga : Hubungan Antara Paham Rasionalisme, Merkantilisme, Revolusi Industri, Dan Kapitalisme)

a. Charles Secondat, Baron de la Brede et de Montesquieu (1689-1755)

Montesquieu beropini bahwa dalam sebuah pemerintahan harus terdapat pemisahan kekuasaan menurut pada “Trias Politika”, executive power (pelaksana undang-undang), legislative power (pembuat undang-undang), dan judicial power (yang mengawasi pelaksanaan undang-undang). Pemikiran Montesquieu sangat dipengaruhi oleh pendapat-pendapat John Locke (1685-1753) dari Inggris, yang mengemukakan executive power, legislative power, dan attributive power sebagai pemisahan kekuasaan. Montesquieu ingin mengubah monarki absolute Perancis menyerupai di Inggris yang menerapkan monarki konstitusional.

b. Jean Jacques Rousseau (1712-1726)

Pemikiran Rosseau ialah ihwal hak kebebasan dan persamaan manusia. Ia menyampaikan dalam bukunya yang berjudul Du Contratct Social, bahwa “manusia dilahirkan bebas, tetapi ia kini terikat. Apa sebabnya?” Pendapat Rosseau ihwal hak-hak azasi insan dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar 1789, juga mengakibatkan paham demokrasi modern.

c. Francois Marie Arouet atau Voltaire (1694-1778)

Voltaire ialah seorang pejuang kebebasan dan kemerdekaan. Tulisan-tulisannya yang tajam banyak mengkritik tindakan-tindakan raja yang sewenang-wenang dan mengoreksi keburukankeburukan yang dikalangan gereja.

Anda kini sudah mengetahui Rasionalisme Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment