Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Spirogyra : Ganggang Hijau Pengertian Ciri-Ciri Reproduksi Struktur Sel

Spirogyra : Ganggang Hijau Pengertian Ciri-ciri Reproduksi Struktur Sel - Spirogyra merupakan ganggang hijau yang hidup di air tawar. Ganggang ini gampang dikenal alasannya kloroplasnya besar, menyerupai pita yang melingkar-lingkar mirip spiral dalam sel. Spirogyra bereproduksi secara aseksual dengan cara fragmentasi dan secara seksual dengan konjugasi. Terjadinya konjugasi dapat dijelaskan sebagai berikut: (Gambar 1)
Spirogyra merupakan ganggang hijau yang hidup di air Pintar Pelajaran Spirogyra : Ganggang Hijau Pengertian Ciri-ciri Reproduksi Struktur Sel
Gambar 1. Konjugasi pada Spirogyra (bio.umass.edu)
Spirogyra yang berbeda jenis saling berdekatan. Kemudian pada dinding sel yang berdekatan muncul tonjolan yang saling mendekati, sampai bersatu membentuk pembuluh. Protoplasma dari Spirogyra yang satu (berjenis +) pindah ke Spirogyra satunya (jenis -). Dengan demikian, terjadilah persatuan plasma (peristiwanya disebut plasmogami), yang diikuti persatuan inti (disebut kariogami). Hasil persatuan ini berupa zigospora yang bersifat diploid. Zigospora akan mengalami meiosis dan terbentuklah 4 sel gres yang diploid. Dari keempat sel ini, biasanya satu sel di antaranya tumbuh menjadi benang Spirogyra.

Anda kini sudah mengetahui Spirogyra. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment